Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4


RUT 1:7-22

Di tengah penderitaannya, Naomi memberikan respon yang salah. Mari kita belajar supaya tidak seperti Naomi ketika kelak badai kehidupan tengah melanda kita.

1.) MENOLAK PERTOLONGAN
Tiga kali Naomi menyuruh pulang kedua menantunya, Orpa dan Rut. Padahal mereka mau mendampingi dan menolong Naomi.

Kita pun seringkali seperti Naomi yang mudah menolak pertolongan dari Tuhan. Kita merasa lebih pandai daripada Tuhan. Ketika solusi dari Tuhan diberikan, kita merasa bukan itu yang kita mau dan butuhkan. Sewaktu kita sakit, kita memaksa Tuhan untuk menyembuhkan kita. Padahal jangan-jangan solusi Tuhan belum tentu kesembuhan fisik karena Tuhan memang mau memakai kelemahan kita.


2.) MENYALAHKAN TUHAN
Naomi juga menyalahkan Tuhan. Bagi dia, Tuhanlah biang keladi atas semua penderitaan yang dialaminya. Responnya bertolak belakang dengan Ayub (Ayub 1:22). Di tengah penderitaannya, Ayub sama sekali tidak berbuat dosa dengan menuduh Tuhan berbuat yang tidak pantas.

Sebenarnya, menyalahkan Tuhan hanyalah merugikan diri kita sendiri karena tinggal selangkah kita pasti meninggalkan Tuhan. Padahal sewaktu kita tinggalkan Tuhan, kita kehilangan sumber kekuatan dan harapan. Kita pun tidak akan melihat akhir rencana Tuhan yang indah karena kita terlanjur marah dan kecewa kepada-Nya.

3.) MELUPAKAN BERKAT
Seperti Naomi, kita mudah sekali melupakan berkat di saat menderita. Tuhan sudah menempatkan Rut dalam hidupnya sebagai kunci pemulihan hidupnya. Namun, Naomi tidak menganggap Rut. Dia berkata, "...dengan tangan kosong Tuhan memulangkan aku..."

Kita harus menyadari bahwa walaupun Tuhan izinkan penderitaan dalam hidup kita, bukan berarti Dia akan meninggalkan kita sendirian seperti yatim piatu. Tuhan pasti menaruh "Rut-Rut" dalam hidup kita untuk menjadi pertolongan bagi kita. Itu sebabnya, janganlah sesekali kita meninggalkan Tuhan. Nantikan Dia berkarya di dalam dan melalui penderitaan kita! 


Oleh: GI. Jimmy Setiawan

GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top