Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4

 Yehezkiel 48:35  Seluruh tembok itu panjangnya sembilan kilometer. Dan mulai saat ini orang menamakan kota itu: "TUHAN ADA DI SITU!"



Senin, 16 Juli 2012
IBADAH DIMULAI DARI SIKAP HATI YANG BENAR
Ibrani 12:28b-29

B2       
1.       Bagaimana sikap kita dalam beribadah kepada Tuhan? (ay. 28b)
2.       Mengapa kita perlu memiliki sikap demikian? (ay. 29)
Pengajaran:
Ayat ini adalah pengajaran dalam Perjanjian Baru. 
Di era Perjanjian Lama memang kita kerap melihat Allah yang langsung menurunkan hukuman kepada mereka yang tidak mengormati Allah.  Namun walau kita sudah memasuki zaman anugerah, bukan berarti membuat umat menyepelekan sikap ibadah kepada Tuhan.  Justru umat Perjanjian Baru harus lebih menghargai kekudusan dan kedahsyatan Allah. 
Rick Warren berkata, “Adalah sebuah dosa jika kita beribadah dengan sikap hati yang tidak berkenan kepada Tuhan.”
B3       
1.       Selalu koreksi sikap hati Anda saat datang beribadah kepada Tuhan!
2.       Selalu jaga suasana ibadah tetap khidmat, dengan saling mengingatkan rekan sebelah Anda untuk bersikap hormat dan gentar akan kehadiran Tuhan!




Selasa, 17Juli 2012
PERSIAPAN IBADAH 1: HATI YANG ANTUSIAS
Ayat???
B2       
1.       Apa respon spontan Daud saat datang ke rumah Tuhan? (ay. 1b)
2.       Apa sebutan (judul nyanyian) dari Mazmur 122 ini?  (ay. 1a)
Pengajaran:
            Ini adalah mazmur ziarah, sebuah nyanyian yang dikumandangkan umat ketika mereka melangkahkan kakinya dari rumah kediaman mereka menuju rumah Tuhan.  Di sepanjang perjalanan itu, biasanya mereka melantunkan mazmur-mazmur ziarah semacam Mazmur 122 ini.  Dan tahukah apa yang mereka kumandangkan?  Mereka berkata, “Aku bersukacita ketika dikatakan orang kepadaku: mari kita pergi ke rumah Tuhan.”
            Datang ke gereja setiap hari Minggu bukanlah beban, bukan pula kewajiban, melainkan suatu sukacita yang timbul dari gairah untuk berjumpa dengan Tuhan, dan menimbulkan gairah hidup untuk berangkat dengan antusias.  Saya senang datang ibadah Minggu, saya gembira bisa memuji-muji Tuhan, saya rindu untuk berdoa secara korporat kepada Tuhan, saya sangat ingin mendengar Firman Tuhan.  Saya bersemangat untuk ke gereja setiap hari Minggu.
B3       
1.       Selalu bangkitkan semangat dan kerinduan Anda setiap kali ibadah hari Minggu! Temukan berbagai kebaikan (manfaat rohani) yang dapat Anda terima dalam ibadah yang akan Anda hadiri.
2.       Selalu jaga hati untuk terus antusias selama ibadah! Ajaklah rekan sebelah Anda untuk memiliki semangat yang sama saat memuji Tuhan, berdoa, dan mendengar Firman.




Rabu, 18 Juli 2012
PERSIAPAN IBADAH 2:  PENGAKUAN KEHADIRAN ALLAH
2 Tawarikh 6:40; 7:3

B2       
1.       Apa yang dikatakan Salomo dalam peresmian Bait Alllah Yerusalem? (pasal 6:40-41)
2.       Apa yang diperbuat Allah setelah Salomo mengucapkan doa itu? (pasal 7:1-2)
3.       Apa yang menjadi respon umat saat kemuliaan Allah memenuhi rumah itu? (pasal 7:3)
Pengajaran:
            2 Tawarikh 6 adalah doa Salomo yang menunjukkan keistimewaan Rumah Tuhan dibanding rumah kediaman yang lainnya.  Rumah Tuhan adalah tempat Allah menujukan pandangan-Nya ke sana, sehingga pujian dan doa yang dinaikkan di rumah Tuhan akan mendapatkan perhatian yang lebih.  Bait Allah disebut sebagai tempat kediaman Allah, bangunan khusus yang dibuat sebagai manifestasi kehadiran Allah di tengah bangsa Israel.
            Allah rupanya berkenan dengan hal ini, dan Ia pun memanifestasikan kehadiran-Nya dengan menunjukkan kemuliaan hadirat-Nya atas rumah itu.  Para imam tak kuasa berdiri hingga tersungkur di hadapan hadirat Allah, dan hati para umat pun spontan diliputi dengan rasa syukur dan pengagungan kepada Tuhan.
            Alllah hadir dalam bait-Nya.  Tiap kali kita beribadah, kita mengakui kehadiran Allah dalam ibadah ini (votum dan salam pembuka ibadah, atau melalui doa pembuka ibadah).  Jika Allah sudah hadir, apakah anda mengakui dan menyadarinya?
B3       
1.       Selalu bangkitkan kesadaran Anda akan kehadiran Allah di tengah ibadah kita!  Ingatlah: Anda akui kehadiran-Nya atau tidak, Allah tetap hadir!
2.       Selalu jaga hadirat Allah ini dengan tidak melakukan aktifitas yang merusak atmosfer rohani yang tercipta!




Kamis, 19 Juli 2012
PERSIAPAN IBADAH 3: KETIDAKLAYAKAN & PENGUDUSAN
Mazmur 24:3

B2       
1.       Apa istilah yang dipakai pemazmur untuk menunjuk Bait Allah? (ay. 3)
2.       Siapakah yang boleh ada di Bait Allah? (ay. 4)
3.       Apa yang akan diterima orang semacam ini? (ay. 5)
Pengajaran:
            Respon wajar dari umat yang menyadari tengah berhadapan dengan Allah yang Mahakudus adalah rasa tidak layak untuk berjumpa dengan kekudusan-Nya.  Kita menyadari kesucian Allah yang mulia, dan kita menyadari keberdosaan dan kehinaan kita.  Itulah sebabnya Daud meningatkan umat dengan pertanyaan retoris: siapakah yang boleh menghadap Allah yang kudus.
            Daud kemudian melanjutkan pentingnya beribadah dengan tangan yang bersih, hati yang murni, dan hidup yang sesuai Firman Tuhan.  Menghadap Tuhan dengan kekudusan akan membawa berkat besar, namun menghadap Tuhan dengan dosa yang disembunyikan akan membawa kemurkaan.
            Jadi, sebelum lebih jauh dalam ibadah kepada Tuhan, mari bereskan hati dengan sikap jujur atas ketidaklayakan kita, menyesali dan minta pengampunan, dan mengimani pengudusan yang membawa relasi damai dengan Allah di sepanjang ibadah kita.
B3       
1.       Doa pengakuan dosa di dalam gereja adalah kesempatan istimewa.  Seturut 2 Tawarikh 6 (5B Rabu lalu) doa pengakuan dosa di dalam gereja akan mendapat perhatian istimewa dari Tuhan.  Selalu gunakan kesempatan ini untuk berdoa dengan sungguh untuk pengampunan dosa kita!
2.       Selalu jaga pengudusan yang telah diberikan Tuhan dengan menjaga kehidupan kita dari pencemaran dosa dan tawaran dunia, serta melakukan apa yang menyenangkan hati Tuhan! Itulah komitmen hidup baru dan karya Roh Kudus yang mengerjakan pembenaran dalam hidup kita.




Jumat, 20 Juli 2012
PERSIAPAN IBADAH 4:  DALAM PERDAMAIAN DENGAN SESAMA
Matius 5:23-24

B2       
1.       Apakah yang harus dilakukan sebelum melakukan persembahan mezbah? (ay. 23-24)
2.       Jika demikian, menurut anda apa yang sebaiknya anda lakukan sebelum datang beribadah kepada Tuhan agar tidak perlu meninggalkan mezbah untuk menjumpai saudara kita yang sedang sakit hati kepada kita? 
Pengajaran:
            Rick Warren berkata, “Ketidakharmonisan dalam hubungan dengan sesama akan mengganggu ibadah kita.  Yesus berkata kita harus menghentikan ibadah kita untuk memulihkan hubungan yang buruk itu lebih dahulu.”  Di masa kampanye “Lebih Baik Bersama” ini, betapa pentingnya kita terus mendemonstrasikan gaya hidup bersama di dalam jemaat, khususnya dengan tindakan-tindakan pemulihan hubungan dalam ibadah.
            Kita tidak bisa memastikan semua orang tidak sedang mempermasalahkan kita.  Yang Tuhan tuntut adalah jika kita merasa ada orang yang dalam hatinya merasa “tidak enak” (menaruh syak, berprasangka buruk, memusuhi diam-diam) dengan kita, datangi dia untuk berdamai sebelum kita datang kepada Allah.
Kita tidak juga bisa memaksakan semua orang mau berdamai dengan kita.  Namun yang dituntut Tuhan bukan itu.  Ia memerintahkan kita untuk pergi berdamai dengan orang itu, masalah bagaimana respon orang itu, itu adalah urusan dia dengan Tuhan. 
B3       
1.       Selalu peka terhadap bisikan Roh Kudus yang mengingatkan Anda  akan perasaan saudara Anda terhadap Anda! Lakukan bagian Anda dengan pergi menjumpai dia untuk berdamai.
2.       Selalu nikmati ibadah korporat Anda dengan hati yang merdeka dan penuh kesatuan hati dengan umat! Karena Anda sudah berdamai dengan semua saudara.





Sabtu, 21 Juli 2012
PERSIAPAN IBADAH 5:  UNTUK TUHAN
Keluaran 33:7

B2       
1.       Menurut anda, mengapa Kemah Pertemuan dibentangkan jauh dari perkemahan? (ay. 7a)
2.       Apa yang dikerjakan orang yang pergi ke Kemah Pertemuan? (ay. 7b)

Pengajaran:
            Kemah Pertemuan dibentangkan jauh dari kemah orang Israel agar mereka yang pergi ke sana tidak banyak terganggu dengan segala kesibukan yang berlangsung di dalam perkemahan.  Artinya kalau mereka ke Kemah Pertemuan, mereka memang berfokus untuk mencari Tuhan: menujukan hati kepada Tuhan, mendedikasikan diri kepada Tuhan, dan menyediakan waktu hanya untuk bersama dengan Tuhan.
Rick Warren mengatakan:
1.       Saya datang ibadah dengan fokus kepada Allah, bukan yang lain.  tolong saya ibadah dengan hati yang tidak terbagi.
2.       Saya rindu berjumpa dengan Engkau: pribadi-Mu bukan berkat-Mu, kehadiran-Mu bukan suasana ibadahnya
3.       Saya akan melayani Engkau melalui pujian, doa, dan kesediaan saya mendengar dan melakukan Firman-Mu.  Saya tidak mencari pelayanan manusia yang bisa membuat saya tidak sejahtera karena kesalahan selama ibadah berlangsung.
B3       
1.       Selalu bangkitkan kesadaran Anda akan kehadiran Allah di tengah ibadah kita!  Ingatlah: Anda akui kehadiran-Nya atau tidak, Allah tetap hadir!
2.       Selalu jaga hadirat Allah ini dengan tidak melakukan aktifitas yang merusak atmosfer rohani yang tercipta!




Minggu, 22 Juli 2012
IBADAH YANG PENUH KUASA
2 Timotius 3:1-5

B2       
1.       Apa salah satu ciri manusia di zaman akhir berkenaan dengan agama? (ay. 2b)
2.       Kalau pun mereka beribadah, apa yang menjadi sikap mereka?
Pengajaran:
            Orang Kristen zaman akhir bukannya tidak beragama.  Mereka punya agama yaitu agama Kristen, namun hidup mereka tidak mencerminkan agama mereka.  Hal ini karena mereka beragama bukan karena iman kepada Tuhan Yesus, melainkan karena faktor-faktor lain seperti tradisi, tuntutan negara, keinginan pacar, diwajibkan sekolah, dst.  Pada dasarnya mereka sendiri beragama tanpa mempedulikan agamanya.  Tidak heran dalam ibadahpun mereka tidak mengakui adanya kuasa Allah dalam ibadah yang mereka lakukan.  Mereka tidak mengharapkan perjumpaan dengan Allah, dan mereka cuma berjumpa dengan pemusik dan pembicara.  Itu sebabnya lebih banyak mereka memperbincangkan pelayan mimbar daripada kuasa dan kebenaran sepanjang pelayanan mimbar. Hidup mereka tidak pernah mengalami perubahan yang lebih baik, karena seusai ibadah malah banyak mengkritik ibadahnya dan mencemooh berita Firman Tuhan.  Akibatnya seusai ibadah mereka malah menjadi orang Kristen yang lebih buruk lagi.
            Paulus memerintahkan kita untuk menjauhi orang-orang semacam ini.  Jika kita memahami dan mempraktekkan 5B minggu ini, niscaya kita akan menjadi orang Kristen yang mengalami Tuhan, dan mengalami kuasa perjumpaan dengan Tuhan – khususnya dalam ibadah kita.  Dan buatlah orang Kristen KTP di sekitar kita terheran-heran, sehingga mereka pun mulai beribadah dengan sikap yang benar melalui keteladanan dan pengaruh kita.  Amin.

B3       
1.       Selalu ingatkan diri anda untuk mengalami perjumpaan dengan Tuhan dalam manifestasi kasih, kuasa, dan kebenaran-Nya!
2.       Sharing-kan pengalaman rohani yang Anda dapat selama ibadah kepada orang-orang di sekitar Anda agar menginspirasi dan mengubah cara ibadah mereka kepada Tuhan setiap hari Minggu!

GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top