Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4

BAHAN 5B 26 SEPTEMBER – 2 OKTOBER 2011

Senin, 26 September 2011
1 Timotius 2:1-4 ARTI BERDOA SYAFAAT
• Untuk siapakah kita berdoa syafaat? (ay 1-2a)
• Mengapa kita perlu bersyafaat? (ay 2b-3)
• Apa yang dikehendaki Allah melalui doa syafaat itu? (ay 4)

Berdoa untuk diri sendiri, orang-orang dekat dan masalah kita sendiri sering menghabiskan sebagian besar waktu doa kita. Tentu saja dapat diterima dan memang tepat jika kita berdoa untuk itu.Namun Allah juga memanggil semua orang Kristen menjadi pendoa syafaat. Adalah keinginan Allah bahwa setiap orang percaya aktif dalam doa syafaat. Betapa indah dan tingginya hak yang kita miliki untuk bisa datang dengan penuh keberanian ke hadapan tahta Allah yang Mahakuasa dengan doa dan permohonan kita.

Doa syafaat berarti berdoa untuk orang lain atau sesuatu yang bukan kebutuhan kita pribadi, namun mencakup kebutuhan orang lain atau kebutuhan yang lebih luas yaitu untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, supaya pada akhirnya mereka dapat diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran. Dalam bahasa Inggris, kata yang dipakai adalah "intercession". Pendoa syafaat adalah seseorang yang datang mendekat dan berdoa di hadapan Allah untuk menggantikan posisi orang lain.

B3. Periksalah, berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk mendoakan orang lain dibandingkan mendoakan diri dan kebutuhan kita sendiri? Ambillah waktu hari ini untuk mendoakan secara khusus beberapa orang di komsel Anda, untuk pemerintah dan pejabat Indonesia!

Selasa, 27 September 2011
Daniel 9:1-19 DOA SYAFAAT YANG SEJATI
• Untuk siapakah Daniel bersyafaat? Hal apa yang mendorong Daniel berdoa dan berpuasa pada saat itu? (ay 1-3)
• Bagaimana Daniel mengawali doanya kepada Tuhan? (ay 4-6) Mengapa?
• Apakah permohonan Daniel kepada Tuhan? (ay 17-19)

Contoh syafaat yang indah dapat ditemukan dalam Daniel 9. Bagian ini memiliki semua unsur dari doa syafaat yang sejati. Doa ini adalah respon terhadap Firman Tuhan (ayat 2), diwarnai dengan kesungguhan (ayat 3) dan penyangkalan diri (ayat 4); secara tidak egois mengidentifikasikan diri dengan umat Allah (ayat 5), diteguhkan dengan pengakuan dosa (ayat 5-15); bergantung pada karakter Allah (ayat 4, 7, 9, 15); dan tujuannya adalah untuk kemuliaan Allah (ayat 16-19). Seperti Daniel, orang-orang Kristen harus datang kepada Allah atas nama orang lain dengan sikap hati yang hancur dan penyesalan, mengakui ketidaklayakan diri dan dengan penyangkalan diri. Daniel tidak mengatakan, “Saya berhak untuk menuntut ini dari Engkau, Allah, karena saya adalah salah satu dari pendoa syafaat-Mu yang khusus dan terpilih.” Dia mengatakan, “Saya orang berdosa,” dan akibatnya, ‘Saya tidak berhak untuk menuntut apa-apa.” Doa syafaat yang sejati bukan hanya mencari kehendak Allah dan penggenapannya, namun juga supaya digenapi, baik itu menguntungkan kita atau tidak, apapun harganya bagi kita. Doa syafaat yang sejati mencari kemuliaan Allah, bukan diri sendiri.

B3. Bersyafaatlah bagi seorang yang Anda tahu saat ini sedang jauh dari Tuhan dan mengalami kejatuhan! Praktekkan unsur-unsur doa yang dipraktekkan Daniel di atas!

Rabu, 28 September 2011
Yohanes 17:9-15 YESUS PENDOA SYAFAAT KITA
• Bagaimana Tuhan Yesus menyebut para murid di dalam doa-Nya? (ay 9-10)
• Mengapa Tuhan Yesus perlu berdoa secara khusus bagi para murid-Nya? Apa permohonan-Nya kepada Bapa? (ay 11-15)
• Untuk siapa lagi Tuhan Yesus bersyafaat? (ay 20) dan bagaimana melakukan-Nya setelah kenaikan-Nya ke surga? (bd. Ibr 7:25-26)

Semasa hidup-Nya dalam dunia, Tuhan Yesus berdoa syafaat bagi murid-murid-Nya secara khusus pada saat menjelang Ia disalibkan. Yesus menyadari bahwa sebentar lagi Ia tidak lagi bersama-sama dengan mereka secara fisik, sementara tantangan yang akan dihadapi sangat besar, karena itu Tuhan Yesus berdoa agar Bapa memelihara dan melindungi mereka.
Bahkan setelah Ia naik ke surga dan duduk di sebelah kanan Allah, Ia tidak berhenti mendoakan para murid dan orang-orang percaya lainnya dengan menjadi Pengantara kita. Dalam surat Ibrani, Yesus disebut sebagai Imam Besar yang Agung. Fungsi imam, salah satunya adalah sebagai pendoa syafaat. Ia bertindak atas nama manusia dalam hal-hal yang berhubungan dengan Allah. Ia harus mempersembahkan kurban dan persembahan karena dosa, memohon doa syafaat bagi umat yang diwakilinya, dan memberkati mereka (bd. Ibr 5:1 ; Im 9)
B3. Teladan apakah yang dapat Anda pelajari dari Tuhan kita? Bagaimana Anda mempraktekkannya dalam kehidupan doa Anda pribadi? Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi hidup Anda sebagai seorang murid Tuhan?
Kamis, 29 September 2011
Kejadian 18:22-33 Bersyafaat bagi Kota
• Apakah yang akan dilakukan Allah terhadap kota Sodom? Mengapa Abraham keberatan? (ay 22-24)
• Apa jawaban Allah kepada Abraham? (ay 25) Apa yang dapat membuat Allah membatalkan niat-Nya menghukum kota Sodom pada akhirnya? (ay 32)
• Apa yang dilakukan Abraham untuk menyelamatkan kota Sodom? Bagaimana Abraham menunjukkan kesungguhannya? (ay 26-33)

Alkitab memberi kita pengharapan untuk percaya bahwa Allah dengan kasih karunia-Nya akan menyelamatkan kota dan melindunginya dari kehancuran yang akan menimpanya kalau ada orang-orang yang mau berdoa.
Ketika Abraham berdoa bagi Sodom untuk menyelamatkan keponakannya, Lot dan keluarganya, dia meminta agar Allah mau menyelamatkan kota itu. Kota Sodom adalah suatu gambaran budaya paling bejat dan anti Allah di dalam Alkitab Perjanjian Lama. Demikian parahnya sehingga prilaku kota Sodom itu kini telah menjadi suatu kata yang menggambarkan kebobrokan manusia dan budaya. Namun di lingkungan seperti itu pun, Allah tetap mengatakan bahwa Ia akan menyelamatkannya demi sepuluh orang benar. Kenyataannya, tidak sampai sepuluh orang benar di kota itu sehingga akhirnya Allah menghancurkannya, namun menyelamatkan Lot dan keluarganya.
Di manapun kota tempat kita tinggal, Allah memanggil kita untuk mendoakannya. Alkitab berkata:”Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu” (Yer 29:7).

B3. Bersyafaatlah bagi kota Jakarta tempat Anda tinggal saat ini! Doakan agar angka kejahatan dan kekerasan semakin menurun, keamanan terjaga; agar kemerosotan moral tidak semakin memburuk; agar pergaulan muda mudi tidak semakin bebas; agar peredaran narkotika dapat diatasi aparat keamanan; dst.

Jumat, 30 September 2011
Efesus 6:18-20 Bersyafaat bagi Pemimpin
• Apa nasihat rasul Paulus kepada jemaat Efesus? (ay 18)
• Dalam hal apa rasul Paulus minta didoakan? Mengapa ia butuh didoakan? (ay 19-20)

Menurut John Maxwell dalam bukunya “Partners in Prayer”, ada lima puncak kesulitan yang dihadapi para pemimpin gereja, khususnya para pendeta pada jaman sekarang yaitu kesepian, stress, rasa diri kurang memadai, tekanan kepemimpinan, perang spiritual. Kebanyakan orang awam sama sekali tidak tahu tentang masa sulit yang dihadapi pendeta. Banyak orang berpikir bahwa pendeta hanya punya sedikit masalah, dan mereka punya keyakinan keliru bahwa orang dalam pelayanan Kristen penuh waktu secara khusus disayangi Tuhan, yang melindungi mereka dari kesulitan hidup yang biasa. Tetapi pada kenyataanya, pendeta mengalami semua kesulitan yang sama dengan kita semua, ditambah pula dengan tuntutan pekerjaannya sebagai seorang yang harus siap selalu melayani jemaat. Dari mana pemimpin gereja mendapatkan bantuan untuk memerangi semua kesulitan ini? Dukungan terbesar yang bisa diberikan oleh siapa saja kepada seorang pemimpin adalah berdoa untuk dia.
Dalam surat-surat yang ditulisnya, rasul Paulus sering meminta agar jemaat mendoakan dia (bd. Rm 15:31; Kol 4:3). Meskipun ia adalah seorang rasul yang pandai, penuh iman, bijaksana dan dihormati. Namun, ia bisa bergumul dalam ketakutan, kelemahan, kelelahan, kehilangan aka,l dst, ia membutuhkan dukungan doa jemaat yang dapat menghibur, menyegarkan dan menguatkannya.

B3. Berdoalah secara khusus bagi beberapa pemimpin di gereja Anda! Jika perlu, hubungi dan tanyakan, hal apa yang ia butuhkan untuk Anda doakan! Praktekkan segera!

Sabtu, 1 Oktober 2011
Kisah Para Rasul 4:23-31 Kuasa Doa Bersama
• Selepas dari sidang pengadilan Agama, ke manakah Petrus dan Yohanes pergi? Apa yang mereka lakukan di sana? (ay 23)
• Bagaimana respon teman-teman mereka ketika mendengar pengalaman Petrus dan Yohanes? (ay 24) Apa permohonan mereka kepada Tuhan? (ay 29-30)
• Bagaimana Tuhan menjawab doa mereka? (ay 31)

Rasul Petrus dan Yohanes segera menemui teman-teman mereka setelah dilepaskan dari sidang agama ahli-ahli Taurat dan orang Farisi dan menceritakan apa yang telah mereka alami. Mereka menyadari bahwa tantangan di depan mereka semakin berat, karena itu mereka “berseru bersama-sama” kepada Allah dalam doa agar mereka dan para hamba Tuhan diberikan keberanian untuk memberitakan Injil. Tuhan menjawab doa mereka.

Seorang misionaris wanita bercerita bagaimana dia terjebak bersama beberapa orang lain di sebuah dasar sungai yang kering, tepat ketika air bah datang. Mereka langsung berpegangan tangan dan bertahan terhadap bahaya yang menyerang itu dengan saling menguatkan. Mereka bersatu menentang air bah yang melanda, nyawa mereka pun selamat. Itulah yang juga terjadi dalam kelompok doa. Orang berkumpul bersama dan berdoa untuk bertahan terhadap segala sesuatu yang mengancam untuk menyapu dan membinasakan mereka.

B3. Praktekkan doa syafaat bersama dengan teman-teman sekomsel Anda! Bersyafaatlah secara khusus untuk pekerjaan pemberitaan Injil di Indonesia, secara khusus di salah satu tempat terpencil atau tempat di mana Injil ditentang! Sebelum berdoa, diskusikan bersama dengan teman-teman komsel Anda, hal-hal apa yang butuh didoakan sehubungan dengan hal itu, catatlah menjadi daftar pokok doa. Mulailah berdoa syafaat berdasarkan pokok-pokok doa tersebut!

Minggu, 2 Oktober 2011
Efesus 1:15-16 Suka cita Berdoa Syafaat
• Hal apa yang didengar oleh rasul Paulus tentang jemaat Efesus? (ay 15)
• Bagaimana respon Paulus mendengar hal itu? Hal apa yang selama ini selalu Paulus lakukan bagi mereka?(ay 16)

Rasul Paulus selalu mendoakan jemaat Efesus sekalipun ia tidak lagi ada di tengah-tengah mereka. Paulus yang berada dalam penjara bersukacita dan tak berhenti mengucap syukur kepada Tuhan ketika mendengar bagaimana jemaat Efesus hidup dalam iman dan kasih sebagai buah dari doa syafaat yang selama ini ia panjatkan.

Doa syafaat dapat merupakan bagian yang indah dan memperkaya kehidupan orang Kristen
Sesungguhnya, kalau kita mau menyempatkan diri untuk mendoakan seseorang dan membayangkan bagaimana kasih Kristus tercurah ke atas orang tersebut,dan membuat perubahan dalam hidup orang tersebut akan membuat kita bersuka cita dan tak henti mengucap syukur kepada Tuhan karena waktu yang kita investasikan untuk berdoa syafaat menghasilkan buah yang tidak sia-sia.

B3. Bagaimana kebenaran hari ini mengubah kehidupan doa Anda? Apa komitmen Anda? Mulailah membuat catatan doa syafaat Anda secara teratur, ucapkanlah syukur atas setiap doa yang telah dijawab oleh Tuhan!

GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top