Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4



Senin, 25 Juni 2012
Tunduk dan Taat kepada Pemimpin Gereja
Ibrani 13:17

B2
Sikap apa yang harus ditunjukkan jemaat kepada para pemimpin gereja? Mengapa? Apa dampak sikap tersebut kepada para pemimpin itu sendiri?

Tunduk dan taat kepada para pemimpin gereja adalah prinsip yang utama dalam kehidupan dan pelayanan Kristen yang benar karena sikap tersebut mencerminkan sikap tunduk dan taat kita kepada Tuhan. Allah menempatkan para pemimpin dalam gereja untuk memberikan keuntungan dan perlindungan rohani bagi jemaat. Karena itu, pemimpin-pemimpin rohani yang rajin dan tekun akan menjadi berkat yang besar bagi keselamatan, kesejahteraan dan pertumbuhan rohani jemaat. Sebaliknya, hati yang keras, sikap yang sombong dan suka memberontak, bukan saja mendukakan para pemimpin gereja, tetapi juga akan menghambat mereka melakukan tugasnya secara maksimal sehingga jemaat sendiri akan mengalami kerugian.


B3
Periksalah, bagaimana Anda menunjukkan sikap tunduk dan taat kepada para pemimpin gereja Anda selama ini? Dalam hal apa Anda harus berubah? Praktekkan sikap tunduk dan taat secara konkret kepada salah seorang pemimpin gereja Anda dalam minggu ini!

***

Selasa, 26 Juni 2012
Menghormati Pemimpin Gereja
1 Timotius 5:17

B2
Sikap apa yang harus ditunjukkan kepada para pemimpin gereja yang memimpin dengan baik? Kepada siapakah terutama kita harus menunjukkan sikap tersebut?

Menjadi pemimpin bagi umat Allah merupakan suatu tugas yang mulia sekaligus sulit. Karena itu, para penatua jemaat selayaknya menerima penghormatan dari jemaat, terutama bagi para penatua yang melakukan tugasnya dengan baik dan penuh pengabdian. Jemaat cenderung memperlakukan para penatua seadanya, mudah melupakan segala kebaikan yang telah mereka lakukan, lebih banyak mengeluh daripada berterima kasih, membesar-besarkan kekurangan mereka, dan jarang memuji kelebihan mereka.  Penatua yang mengajar dan berkhotbah, dalam hal ini para hamba Tuhan yang melayani sepenuh waktu, harus mendapat tempat yang lebih utama dibandingkan  penatua yang lain.

B3
Mintalah Tuhan menunjukkan sikap dan tindakan Anda yang tidak menghormati para pemimpin gereja. Mintalah diampuni dan tunjukkan kesungguhan untuk berubah dalam sikap dan perbuatan Anda terhadap para pemimpin gereja dalam minggu ini!

***


Rabu, 27 Juni 2012
Menghormati Pemimpin Gereja Lebih Serius
Ratapan 4:16

B2
Apa yang terjadi di tengah-tengah bangsa Israel? Apa tindakan Tuhan terhadap mereka?

Dalam Perjanjian Lama, ketidakpedulian terhadap para pemimpin merupakan salah satu pertanda kehancuran suatu bangsa. Allah benar-benar memperhatikan bagaimana cara umat-Nya memperlakukan orang-orang yang memegang otoritas. Alkitab menyuruh kita bukan hanya tunduk dan taat, melainkan juga menghormati para penguasa kita (bd. Roma 13:7, 1 Petrus 2:17). Ketika Paulus menyadari bahwa dia telah berbicara secara kasar kepada Imam Besar Ananias, maka ia meminta maaf (bd. Kisah Para Rasul 23:5). Kesemberonoan, ketidaktaatan dan rasa tidak berterima kasih terhadap para pemimpin sipil saja sungguh-sungguh diperhatikan Allah. Dapat dibayangkan betapa Dia jauh lebih memperhatikan apakah umat-Nya menghormati para penatua jemaat dengan cara yang semestinya. Mereka, yang memikul kuk kepemimpinan dalam rumah Allah, memikul tanggungjawab yang jauh lebih besar daripada pemimpin dimana pun.

B3
Periksalah, seberapa Anda menghormati para pemimpin gereja dibandingkan dengan para pemimpin di tempat kerja Anda? Bagaimana kebenaran hari ini mengubah Anda?

***

Kamis, 28 Juni 2012
Mengasihi Para Pemimpin Gereja
1 Tesalonika 5:12-13

B2
Apa yang dilakukan oleh seorang pemimpin rohani (ayat 12)? Selain menghormati, sikap apa yang diminta Paulus kepada jemaat Tesalonika untuk dilakukan kepada para pemimpin rohani mereka (ayat 13)?

Di samping tunduk dan taat serta sungguh-sungguh menghormati para penatua jemaat, Paulus mengingatkan bahwa kewajiban jemaat  yang paling penting adalah mengasihi para penatua. Para pemimpin jemaat harus dikasihi karena pekerjaan (jabatan) mereka. Tidak perlu karena kualitas pribadi para pemimpin jemaat. Dapat saja terjadi berbagai situasi sulit yang menyebabkan para penatua tidak dapat menghindari ketidaksenangan, kemarahan atau konflik dari sebagian jemaat. Namun, Allah dapat menggunakan situasi yang menghancurkan hati ini untuk menunjukkan apakah yang sebenarnya ada di dalam hati kita, bahwa kita sebenarnya sombong, mementingkan diri sendiri dan tidak memiliki kasih.
Tidak ada penatua yang sempurna. Mereka mempunyai masalah, kelemahan, maupun kekeliruan. Para penatua terbaik sekalipun pasti dituduh bersikap sombong, membuat keputusan yang keliru, berbuat terlalu  banyak atau terlalu sedikit, bergerak terlalu lamban atau terlalu cepat, mengadakan perubahan terlalu banyak atau sangat kurang, bersikap bijaksana atau kurang bijaksana, dan sebagainya. Hanya dengan kasih, jemaat dimampukan memiliki pengertian dan kelapangan dada yang lebih besar atas kelemahan dan kesalahan para pemimpinnya.



B3
Periksalah, dalam hal apa Anda sering mengeluhkan dan mencela kekurangan atau kesalahan pemimpin gereja Anda? Berdoa dan mintalah Tuhan menunjukkan kepada Anda akan kebaikan dan kelebihan pemimpin gereja Anda! Mulailah mengucap syukur atas hal tersebut! Pikirkanlah sebuah tindakan konkret untuk menyatakan kasih kepada salah seorang pemimpin gereja Anda!

***

Jumat, 29 Juni 2012
Tanda Hormat dan Kasih: Dukungan Finansial
1 Timotius 5:17-18; 1 Korintus 9:13-14

B2
Apa yang selayaknya didapatkan oleh penatua yang berkhotbah dan mengajar? Apa yang seharusnya menjadi hak mereka (1 Korintus 9:13-14)?

Semua penatua yang baik pimpinannya harus  dihormati dua kali lipat. Terutama mereka yang dengan jerih payah berkhotbah dan mengajar. Dukungan finansial merupakan salah satu cara bagi jemaat untuk menyatakan penghargaan dan kasihnya kepada para pemimpin gereja. Tuhan Yesus maupun rasul Paulus mengutarakan prinsip yang mendasar bahwa seorang pekerja patut mendapatkan upahnya. Bagian-bagian Alkitab lain juga mendukung atau membenarkan hak-hak yang dimiliki oleh para pengajar dan pengkhotbah untuk memperoleh kebutuhan materiil. Kelalaian jemaat untuk mendukung para penatua sebagaimana mestinya, khususnya bagi mereka yang berkhotbah dan mengajarkan Firman Allah, akan melemahkan jemaat maupun kepenatuaan. Bahkan, masih ada jemaat yang punya anggapan bahwa hamba Tuhan harus rela hidup menderita sementara jemaat sesungguhnya masih dapat memberi fasilitas dan tunjangan hidup yang lebih baik.

B3
Periksalah, apakah gereja  Anda sudah mendukung kebutuhan finansial para hamba Tuhan dan keluarganya untuk hidup sebagaimana layaknya? Apakah Anda masih menemukan para hamba Tuhan di gereja Anda berjuang sendiri untuk memenuhi kebutuhan finansialnya? Periksalah hati Anda, apakah nurani Anda merasa terganggu atau sebaliknya bersukacita  ketika mendapatkan hamba Tuhan di gereja Anda menikmati kelimpahan?

***

Sabtu, 30 Juni 2012
Tanda Hormat dan Kasih: Pembelaan
1 Timotius 5:17-19

B2
Jemaat juga harus bertanggung jawab untuk membela penatua dari fitnah maupun tuduhan yang tidak benar. Dengan kata lain, seorang jemaat tidak boleh berdiam diri serta merta menerima, apalagi ikut menyebarkan  tuduhan yang belum dibuktikan kebenarannya dan dibuat untuk menyerang seorang penatua. Tuduhan yang tidak benar atau gosip dapat menghancurkan kesaksian seorang pemimpin gereja.  Suatu tuduhan harus diselidiki sungguh-sungguh dan hanya boleh ditindak serta diberikan sangsi apabila terbukti kebenarannya dengan adanya beberapa saksi. Jika tuduhan tersebut tidak terbukti kebenarannya, maka orang yang menyebarkan fitnah tersebut harus ditegur di depan umum agar semua orang menjadi takut akan Allah.

B3
Periksalah, bagaimana sikap Anda selama ini ketika mendengar seseorang menghakimi  atau menyerang salah seorang pemimpin gereja Anda? Dalam hal apa Anda harus bertobat?

***

Minggu, 1 Juli 2012
Tanda Hormat dan Kasih: Doa
2 Korintus 1:8-11

B2
Apa yang dialami oleh Paulus dan kawan-kawan sepelayanannya?  Bagaimana perasaan Paulus dan kawan-kawan menghadapi situasi tersebut (ayat 8-9)? Hal apa yang paling berperan membangkitkan pengharapan dalam diri Paulus dan kawan-kawan (ayat 10-11)?

Akhirnya, jemaat harus berdoa bagi para penatua mereka. Untuk kesehatan dirinya dan keberhasilan dalam memberitakan Injil, rasul Paulus sendiri sangat mendambakan dukungan doa dari semua jemaat. Demikian pula para penatua dalam gereja masa kini sangat membutuhkan dukungan doa jemaat. Para penatua memerlukan doa untuk memperoleh kasih yang selalu diperbaharui dan kekuatan agar dapat melakukan pekerjaan mereka; hikmat dan ketajaman, visi dan keberanian untuk menghadapi semua masalah yang sukar serta pesoalan yang datang silih berganti; perdamaian dan kesatuan di antara para pemimpin gereja sendiri; perlindungan dari keputusasaan, kesombongan, celaan moral, perpecahan, pekerjaan yang terlalu banyak dan serangan si jahat. Pelayanan mereka sangat bergantung kepada doa-doa jemaat.

B3
Ambillah waktu selama beberapa menit untuk mendoakan penatua di gereja Anda satu persatu!

***

GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top