Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4

Senin
KEMAMPUAN MEMILIH
Filipi 1:10

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaranNya.

B2 (Belajar)
Ketrampilan apa yang diharapkan Paulus dapat dilakukan jemaat?  (10a)

Pengajaran:
Manusia istimewa karena bisa memilih!
Tumbuhan hampir tidak bisa membuat pilihan apapun, binatang punya pilihan yang sangat terbatas sesuai naluri dan kondisi saat itu.  namun manusia punya pilihan yang sangat kompleks:  bukan saja dari situasi yang terlihat, namun dari asumsi yang muncul dan dari kreatifitas yang kita kembangkan.  Setiap ide yang muncul di dalam hati (perasaan) dan pikiran, setiap fakta (informasi, pengalaman, dan orang-orang yang kita temui) yang kita analisa, dan setiap respon (kesimpulan yang mempengaruhi perasaan, keputusan yang mempengaruhi kehendak, dan tindakan yang akan dikerjakan) yang akan diambil – semua itu membutuhkan KETRAMPILAN UNTUK MEMILIH.
Anda perlu membuat berbagai pilihan dalam hidup:
·         Pilihan etis/moral       :  mana yang benar dan yang salah
·         Pilihan manfaat:         :  mana yang membuat kehidupan lebih mulia  atau yang merusak diri
·         Pilihan kekekalan        :  mana yang bernilai kekal dan yang sementara
Paulus menggunakan kata dokimazo yang diterjemahkan baik (Inggris: excellent, berbeda karena lebih baik).  Ada orang dapat memilih yang benar, yang berguna, yang mulia, yang berharga -  dengan demikian hidupnya pun menjadi benar, berguna, mulia, dan berharga.  Itulah sebabnya Paulus berharap jemaat DAPAT MEMILIH yang excellent ini. 

B3 (Berbuat)
Instropeksilah hidup anda: keputusan apa saja yang sudah anda ambil yang sudah membuat hidup anda menjadi seperti sekarang ini.  Pikirkan dua keputusan besar yang membuat hidup anda lebih baik, dua keputusan besar yang membuat hidup anda menjadi buruk.

B4 (Bersaksi)
Ajaklah rekan/keluarga yang sangat dekat dengan anda untuk bersama saling menganalisa kehidupan anda.

B5 (Berkat)
Kini Anda mulai mengenali kecakapan Anda dalam membuat pilihan hidup













Selasa
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMILIH
Filipi 1:9

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaranNya.

B2 (Belajar)
Hal-hal apa yang harus dimiliki agar memiliki ketrampilan memilih?

Pengajaran:
Saya masih bingung bagaimana para ibu bisa memilih buah yang baik di pasar.  Saya “belum berpengalaman” maka sering salah pilih.  Sering buah yang dari warna, bau, dan bentuknya saya duga baik, ternyata busuk, atau tidak matang pohon, rasanya hambar, dst.  Tetapi beberapa ibu (apalagi penjualnya) yang berpengalaman dengan mudah dapat menetukan buah mana yang baik, matang, bahkan rasanya pun ketahuan (yang ini berlaku khususnya untuk durian: manis atau pahit, legit atau lembek, dst).
Memilih yang baik itu tidak cukup hanya berpikir secara dangkal (melihat dari luar) atau pakai perasaan saja (kelihatannya bagus).  Anda perlu pembelajaran yang terus menerus untuk mengasah “naluri” anda.  Naluri untuk memilih dalam kehidupan praktis inilah yang disebut sikap.
Paulus memberikan rahasia membuat pilihan yang baik (ayat 10, 5B kemarin).  Rahasinya terletak pada ayat 9:
1.      Motivasi hati:  kasih yang makin melimpah-limpah
2.      Memiliki pengetahuan yang benar:  pengetahuan yang tajam  (Yunani: epiginosis:)
3.      Wawasan pengertian yang luas:  hikmat dalam membedakan yang satu terhadap yang lain (Yunani: aisthesis)
Anda perlu mengasah hati, pikiran, dan wawasan anda sehingga anda dapat memilih yang terbaik dalam kehidupan ini.  Hati yang ego adalah pilihan yang buruk bagi hidup anda.  Pikiran yang dangkal (malas berpikir) akan membawa keburukan bagi hidup anda.  Wawasan yang sempit (keras kepala, tidak terbuka, tidak mau belajar, merasa diri sudah benar) adalah buruk bagi hidup anda. 

B3 (Berbuat)
Apa komitmen anda untuk mengasah kemampuan memilih anda?  Evaluasilah diri anda berdasar tiga perkara di atas, dan ambil tindakan kongkrit untuk memperbaikinya.

B4 (Bersaksi)
Mintalah rekan/keluarga yang sangat dekat dengan anda untuk memberi konfirmasi atas kesimpulan anda pada B3.

B5 (Berkat)
Kini Anda mulai melakukan self-upgrading (meningkatkan kemampuan diri).  Ini baik dan penting             sekali untuk hidup Anda.  Puji Tuhan.












Rabu
HASIL DARI KEMAMPUAN MEMILIH
Filipi 1:10B-11

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaranNya.

B2 (Belajar)
Hal-hal apa yang didapat jika memiliki ketrampilan memilih yang baik? (10b-11)

NOTE:  bandingkan dengan Alkitab terjemahan BIS:
Dengan demikian kalian tahu memilih apa yang terbaik, dan hidupmu akan bersih dari cela atau tuduhan apa pun juga pada hari Kristus datang kembali.  Hidupmu akan melimpah dengan perbuatan yang sungguh-sungguh baik yang hanya dapat dihasilkan oleh Yesus Kristus sendiri; maka Allah akan dimuliakan dan dipuji-puji.

Pengajaran:
Kalau pandai memilih buah, anda akan mendapat buah yang bagus.  Kalau anda tidak bisa memilih, anda akan mendapat buah yang jelek dan mengalami kerugian (jadi korban yang tertipu).  Berapa banyak hidup kita buruk dan menjadi korban sejarah (pengalaman buruk di masa lalu yang masih membekas). 
Tahukah bahwa Tuhan memiliki rencana yang luar biasa untuk anda.  Inilah yang disiapkan Tuhan dalam hidup anda:
1.      Karakter yang luar biasa:  bersih dari cela dan bebas dari tuduhan apapun
2.      Hidup yang sukses dan jadi berkat:  melakukan banyak perbuatan yang luar biasa
3.      Membawa kemuliaan bagi Tuhan:  nama Tuhan akan dipuji dan ditinggikan
Ketiga hal tersebut akan anda terima jika anda bertumbuh dalam kemampuan untuk memilih apa yang terbaik.  Sebaliknya, anda akan memiliki karakter yang buruk dan mengalami banyak kecaman di masyakarat,  hidup yang menyusahkan orang lain (jadi benalu, bukan berkat), dan menyenangkan iblis (mendukakan Allah) – jika anda tidak bertumbuh dalam attitude anda.  Saya nggak mau mengalami hidup tipe kedua.  Saya mau hidup dalam tipe yang pertama, sesuai yang direncanakan Tuhan untuk saya.  Itu sebabnya saya mau memiliki ketrampilan memilih yang terbaik ini.

B3 (Berbuat)
Baca lagi B3 di hari Senin dan Selasa.  Hal-hal apa yang perlu anda tambahkan dalam evaluasi diri anda?  Apakah anda sudah melakukan komitmen anda untuk menambah ketrampilan memilih anda?

B4 (Bersaksi)
Beranikan diri anda untuk menyaksikan kebenaran ayat ini dalam hidup anda.  Menceritakan pengalaman yang buruk dari keputusan yang buruk menghasilkan hikmat yang tak terlupakan bagi anda.  Menceritakan pengalaman yang baik dari keputusan yang benar menghasilkan hikmat yang mendengar kesaksian anda. 

B5 (Berkat)
Upah menimbulkan semangat kerja.  Anda sudah tahu upahnya, kini kerjalah untuk mempertajam             kemampuan anda untuk memilih yang terbaik.




Kamis
Contoh Kemampuan Memilih
Kejadian 13:7-14

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaranNya.

B2 (Belajar)
1.      Apa yang dipikirkan Abram dalam dilema kelangsungan bisnis penggembalaannya?  (8)
2.      Kapan Tuhan berbicara menjumpai Abram?  (14)

Pengajaran:
Tuhan tidak menjumpai Abram sebelum keputusan diambil.  Tahukah bagaimana cara Abram membuat keputusan?  Dia tidak memperhitungkan dirinya lebih dahulu, sebaliknya memberi kesempatan Lot yang membuat pilihan.  Untuk melatih kemampuan kita berpikir dan berwawasan, coba temukan:  kerugian apa yang akan didapat Abram, mengapa alasan Abram menyerahkan keputusan kepada Lot, dan setelah Lot membuat keputusan apa yang kira-kira dirasakan Abram?  Pikirkan dulu, baru baca alinea berikutnya!

Abram meminta pemisahan bisnis, itulah hikmat.  Perkelahian tidak akan membawa manfaat, yang penting pengelolaan konflik. 
Abram menyerahkan keputusan pada Lot, itu namanya kasih.  Hati yang mengasihi secara melimpah adalah pangkal dari ketrampilan membuat keputusan. 
Lot mengetahui lembah Yordan baik, itu pengetahuan.  Tapi pengetahuan yang sempit, karena dia tidak mempertimbangkan kondisi masyarakatnya yang jahat dan berdosa.  Jelasnya, Lot tidak punya cukup pengetahuan. Pengetahuannya akan kehidupan dangkal, hanya berpikir pendek. Bisnis apapun (apalagi membawa keluarga) harus mempertimbangkan kelangsungan bisnisnya.  Bisnis ternak di tengah kaum penjahat adalah hal yang berbahaya, apalagi dia hanyalah seorang pendatang.  Dan itulah yang dialami Lot tak lama kenudian (Kej 14:1-12).  Belum lagi kejahatan moral disana, yang mempengaruhi kehidupan anak dan istri Lot (Kej 19:1-26). 
Abram menetap di Kanaan, itulah pengetahuan dan wawasan akan janji Allah.  Abram dijanjikan Kanaan dan dia puas dengan janji Allah.  Janji Allah tak pernah salah, dan jaminan yang pasti.  Dan Kanaan tidaklah terlalu buruk, karena Abram dan Lot berternak disana berdua tokh tetap bisa berjalan.  Jika Lot pergi, Kanaan pasti mencukupi. 

B3 (Berbuat)
Periksalah lagi kapastias memilih anda berdasar 5B hari selasa:  kapasitas hati, kapasitas pengetahuan, dan kapasitas wawasan anda.  “berdebatlah” dengan Abram atas cara dia membuat pilihan, sampai anda bisa memahami dan menyetujui cara Abraham membuat pilihan.  Itulah caranya mengasah – menggesek – menempa pola pikir dan kecenderungan hati anda, sampai anda memiliki ketrampilan memilih yang terbaik ini.

B4 (Bersaksi)
Diskusikan proses “debat batin” anda pada B3 dengan rekan anda.

B5 (Berkat)
Selamat, anda ketrampilan memilih anda mulai diasah dan dibentuk






Jumat
Ketika Pilihan Anda Tampak Buruk
Roma 5:15

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaranNya.

B2 (Belajar)
1.      Apa yang terjadi karena pelanggaran Adam?
2.      Apa yang dilakukan Allah terhadap hal itu?

Pengajaran:
Allah kita adalah Allah yang memilih.
Ketika Allah menciptakan langit dan bumi, itu adalah pilihan.  Allah bisa saja tidak menciptakan langit dan bumi, dan Dia tetap Allah yang tidak berkurang ke-Maha-an-Nya sedikitpun.  Setelah itu Allah menentukan satu planet yaitu bumi untuk memberikan kehidupan di sana.  Itu pun suatu pilihan.  Dan Allah memilih untuk menciptakan manusia, dan memberi manusia kehormatan tertinggi di antara segala ciptaan. 
Celakanya, manusia yang demikian diharapkan ini membuat pilihan yang salah.  Apa yang diperbuat Allah?  Ajaib sekali!  Allah tidak mengubah pilihan-Nya atas manusia, dengan menciptakan mahluk baru yang lebih sempurna dari manusia.  Allah mengasihi manusia ini, dan dalam hikmatNya Dia memutuskan untuk menebus mereka.  Hikmat dan pengetahuan selalu bekerja bersama dengan kasih, untuk menghasilkan pilihan terbaik.  Kasih dan hikmat Allah seperti inilah yang membuat kita sebagai umat pilihan-Nya merasa aman, karena Dia tidak pernah menolak orang yang sudah dipilih-Nya. 
Apa yang dapat dipelajari dari attitude Allah ini?  Jika tokh pilihan yang Anda buat tampak bergerak ke arah yang salah, tetaplah ambil tanggung jawab.  Jangan melarikan diri, pun jangan menyalahkan situasi keadaan dan orang lain.  Tidak perlu cari kambing hitam, namun PILIHLAH untuk mencari solusi: hal apa yang harus saya lakukan untuk memperbaiki kesalahan saya.  Inilah cara pilih anak Tuhan yang sejati.

B3 (Berbuat)
Apakah anda merasa telah membuat pilihan yang salah dalam hidup ini:  pernikahan yang tampak salah, hutang yang anda sesali, tabiat buruk yang terlanjur anda pelihara, dst.  Pilihlah untuk mengambil tanggung jawab memperbaikinya, bukan menyesali, lempar kesalahan, melupakan, atau melarikan diri.  Tindakan bertanggung jawab mencerminkan gaya hidup Allah.  Maka Allah akan memberi mujijatNya.  Pasti!

B4 (Bersaksi)
Sharingkan keputusan anda hari ini pada rekan komsel anda

B5 (Berkat)
Selamat, anda memiliki gaya hidup Allah ketika berani bertanggungjawab atas pilihan yang salah










Sabtu
Mengenali Area Kehidupan Anda
Ibrani 13:18

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaranNya.

B2 (Belajar)
Dalam hal apa saja kita harus selalu mau melakukan yang benar?

Pengajaran:
Hati nurani yang terdidik Firman (peka Roh Kudus) selalu akan memilih apa yang benar dalam segala hal.  Hari ini kita akan mengenali area-area kehidupan dimana kita perlu memilih tindakan kita.
·         Relasi:  menyapa atau cuek, mengampuni atau membiarkan, menasehati atau memusuhi, berkawan atau menjauhi dia, menghibur atau mentertawakan, memeluk atau menahan diri, dst.
·         Pekerjaan:  mempelajari tugas atau pasif, bekerjasama atau merongrong, menuntut atau menerima, antusias atau loyo, optimis atau pesimis, yakin atau ragu, takut atau berani, dst
·         Konflik diri:  melupakan atau mengingat-ingat, mengampuni atau hidup dalam kepahitan dan dendam, bersyukur atau mengeluh, mengurus diri atau menghancurkan diri
·         Masa depan:  mempersiapkan atau tidak ada persiapan, menambah kapasitas diri atau merusak kemampuan diri, menabung atau menghamburkan, makin sehat atau makin sakit, dst
·         Keluarga: ambil waktu bersama keluarga atau menyendiri, senyum atau cemberut, mengingat kesalahan atau memulai hal baru, membahagiakan atau merusak damai, dibahagiakan atau gengsi, dst
Di segala hal, di tiap area hidup tersebut anda harus membuat pilihan.  Ada pilihan di pagi hari: untuk bangun atau melanjutkan tidur, untuk mencari Tuhan atau kopi dahulu.  Ada pilihan ketika bertemu keluarga:  cuek atau sapaan hangat, menolong atau menuntut.  Ada pilihan di pekerjaan atau sekolah: sungguh-sungguh atau asal-asalan.  Di kesemua area itu, anda harus berhasil membuat pilihan yang baik, mulia, dan bernilai kekal.

B3 (Berbuat)
Bertekadlah hari ini untuk membuat pilihan yang benar, yang berasal dari hati nurani yang terdidik

B4 (Bersaksi)
Di akhir hari, sharingkan tindakan-tindakan Anda, pertimbangannya, dan apa akibatnya

B5 (Berkat)
Selamat, anda kini belajar untuk hidup bertanggung jawab: yakni hidup dengan memikirkan tindakan anda terlebih dahulu.












Minggu
Pilihannya Bukan Berkat atau Kutuk
Ulangan 11:26-28

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaranNya.

B2 (Belajar)
1.      Apa yang diperhadapkan Allah kepada umat-Nya?  (26)
2.      Bagaimana menerima berkat?  (27)
3.      Bagaimana menerima kutuk? (28)

Pengajaran:
Allah tidak memberi umat untuk memilih berkat atau kutuk.  Sebenarnya Allah hanya memperhadapkan kepada mereka HASIL dari pilihan mereka, yakni berkat atau kutuk.  Untuk mendapatkan berkat, umat harus MEMILIH untuk melakukan Firman.  Jika mereka memilih untuk menolak Firman, tak usah diminta maka kutuk akan datang.  Karena berkat atau kutuk adalah hasil dari pilihan apa yang anda ambil.
Cobalah hafalkan pernyataan berikut:
Anda bebas membuat pilihan, namun anda terikat dengan konsekuensi dari pilihan Anda.
Artinya:  sebelum keputusan diambil, anda bebas menimbang banyak pilihan.  Bahkan saat anda dipaksa orang untuk melakukan suatu tindakan yang anda tidak sukai, anda punya kebebasan untuk memilih melakukannya atau memilih alternative lain (kreatif-lah) atau bahkan memilih untuk tetap menolak paksaan orang itu.  Anda harus sadar anda punya kebebasan untuk memilih di setiap situasi (Ini disebut proaktif).  Namun setelah anda memutuskan satu pilihan, konsekuensinya tidak bisa anda hindarkan.  Anda akan menerima kehidupan yang lebih mulia dan lebih baik (berkat) atau justru kehidupan yang lebih sengsara dan lebih durjana (kutuk).

B3 (Berbuat)
Cobalah pahami arti ayat berikut:
Mazmur 109:17
Ia cinta kepada kutuk--biarlah itu datang kepadanya; ia tidak suka kepada berkat--biarlah itu menjauh dari padanya.

B4 (Bersaksi)
Sharingkan pengertian dan hikmat baru yang anda terima sepanjang 5B minggu ini

B5 (Berkat)
Selamat menikmati hidup yang terbaik karena anda trampil mengambil pilihan terbaik!


GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top