Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4

Senin, 23 Desember 2013
DAMAI SEJAHTERA
Lukas 2:14

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.

B2 (Belajar)
1.      Apa yang terjadi di bumi saat Mesias hadir di bumi?
2.      Siapakah yang akan menerima damai sejahtera ini?
Pengajaran:
Jika Alkitab menggunakan istilah damai, kita perlu berhati-hati untuk memahami artinya.Ada 2 konsep yang berbeda, yang keduanya sering diterjemahkan sebagai damai (peace).
1.      Hubungan yang tanpa konflik. Dari bahasa Ibrani Khafar, sering diterjemahkan pendamaian (attonement) atau damai (peace).  Dalam bahasa Yunani dipakai istilah apokatallassō, diterjemahkan perdamaian (reconcile, rekonsiliasi)ataudamai (peace)
2.      Sejahtera, keadaan yang baik jasmani rohani, sehat dan bahagia atas diri dan rumah tangga, aman dan terjamin. Dari bahasa Ibrani Shalom, diterjemahkan kesejahteraan, damai atau damai sejahtera (peace) juga. Dalam bahasa Yunani dipakai istilah eirene, yang pengertiannya suasana tenang dan tentram, dan diterjemahkan sebagai damai atau damai sejahtera (peace).
Tuhan Yesus hadir untuk membawa perdamaian (rekonsiliasi) antara Allah dan manusia, walau kadang berdampak pada perpecahan di antara pengikut-Nya dan orang dunia (Mat 10:34). Namun berita malaikat pada bacaan kita hari ini berbicara janji Allah yang lebih lagi: bukan sekedar dipulihkan hubungan dengan Allah, namun menikmati seluruh janji Allah yakni hidup dalam damai sejahtera (shalom). 
Tuhan Yesus datang untuk membawa shalom kepada Anda dan saya – yakni umat yang kepadanya Allah berkenan.  Halleluya!

B3 (Berbuat)
1.      Bersyukurlah untuk perdamaian antara Anda dan Allah oleh karena kedatangan Tuhan Yesus yang menebus Anda. 
2.      Apakah hari-hari ini Anda mengalami damai sejahtera? Di Natal tahun ini, Allah ingin Anda mengalami damai sejahtera dari sorga.  Peganglah janji Tuhan ini dan doakanlah agar tergenapi dalam hidup Anda.

B4 (Bersaksi)
Bagikanlah berita bahagia, bahwa Allah ingin umat-Nya hidup dalam shalom.

B5 (Berkat)
Tuliskan peneguhan yang Anda terima dari sharing Anda




Selasa, 24 Desember 2013
SHALOM: HARAPAN MANUSIA
Mazmur 122:6


B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.

B2 (Belajar)
1.      Apa yang diajarkan pemazmur kepada umat untuk didoakan?  (6)
2.      Berapa kali Anda temukan kata kesejahteraan atau sentosa dalam bacaan kita?
Pengajaran:
Perhatikan sekali lagi definisi shalom pada 5B kemarin:
Sejahtera, keadaan yang baik jasmani rohani, sehat dan bahagia atas diri dan rumah tangga, aman dan terjamin.
Siapa yang tidak suka akan keadaan demikian.Umat Israel menganggap shalom adalah suatu keadaan terbaik jika hidup diberkati Tuhan.Mereka mendoakan  agar dapat shalom, mereka juga saling mendoakan agar sesama dapat shalom. Mereka mendoakan kota agar mengalami shalom (bahkan untuk kota dimana mereka dibuang Yeremia 29:7). Mereka mendoakan pemerintah agar mengalami shalom, bahkan atas penguasa lalim yang menindas mereka (Kejadian 41:16).Bangsa Israel tahu bahwa shalom dibutuhkan bukan hanya oleh mereka, namun juga oleh setiap manusia.Dan yang paling utama, mereka mendoakan agar shalom bisa terjadi atas kota Allah yakni Yerusalem. Perhatikan dalam ayat 6-8 ditemukan 3 kata sejahtera (peace, shalom) dan 2 kata sentosa (prosperity, shalah).
Dalam konsep Perjanjian Lama, orang yang diberkati Tuhan adalah mereka yang bisa hidup dalam keadaan shalom.Kata Yerusalem sebenarnya berasal dari 2 kata, yara dan shalom, yang artinya tempat sejahtera.Shalom adalah sesuatu untuk didoakan senantiasa, agar dilindungi dari segala bencana dan mengalami kepenuhan berkat kasih karunia Tuhan.

B3 (Berbuat)
Berdoalah bersama keluarga untuk makin mengalami damai sejahtera (shalom) yang dari Tuhan.

B4 (Bersaksi)
1.      Sharingkan mengapa shalom begitu diinginkan oleh semua orang?
2.      Malam ini kita akan mengadakan ibadah malan Natal dengan bentuk khusus drama liturgi.  Seluruh jemaat akan memerankan umat Perjanjian Lama yang merindukan kehadiran Mesias. Di tengah malam lonceng Natal akan berbunyi sebagai simbol kelahiran Sang Raja Damai. Hadirilah dan ajaklah sanak kerabat untuk mengikutinya.
B5 (Berkat)
Tuliskan peneguhan yang Anda terima dari sharing Anda.


Rabu,25 Desember 2013
SHALOM ALEIKHEM
Lukas 10:5-6

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.

B2 (Belajar)
1.      Apa yang harus diucapkan oleh para utusan Injil jika memasuki suatu rumah? (5)
2.      Apa yang terjadi ketika salam itu diucapkan? (6)
Pengajaran:
Bangsa Ibrani akan menaikkan doa berkat ketika bertemu dengan sesamanya, “shalom aleikhem” (שָׁלוֹםעֲלֵיכֶם) yang artinya “shalom turun ke atas kamu.” Sebagai jawabannya, mereka akan menaikkan doa berkat “aleikhem shalom” (עֲלֵיכֶםשָׁלוֹם) yang artinya “atasmu turunlah shalom.”Ucapan Ibrani ini persis sama artinya dengan ucapan dalam bahasa Arab As-salam alaykum (السلامعليكم) yang kemudian dibalas dengan ucapan “Wa alaykumu s-salam (وعليكمالسلام). Maka sebenarnya tidak ada salahnya jika kita menjawab salam dari saudara muslim kita (kecuali untuk menyatakan identitas saja).
Tuhan Yesus juga memberikan perintah agar sebelum masuk sebuah rumah, kita mendoakan ucapan berkat ini. Dan ketika kita melakukannya, maka shalom akan diturunkan Tuhan atas orang tersebut – asalkan orang itu memang layak menerimanya. Betapa dahsyatnya kata ini.  Jika Anda berjumpa dengan seseorang, dan anda mengucapkan kata “shalom aleikhem” atau cukup disingkat “shalom” maka Tuhan akan menurunkan keadaan shalom ini kepada orang itu. Itulah sebabnya doa berkat ini tidak diucapkan sebagai pengganti kata “permisi” (meminta ijin masuk rumah) atau sekedar sapaan ramah (seperti selamat pagi, dst). Ucapkan “shalom” dengan otoritas sorga agar shalom turun atas sesamamu.

B3 (Berbuat)
Mulai saat ini jika bertemu rekan atau bertamu di rumah orang, Anda boleh mengucapkan doa berkat, “shalom aleikhem” atau cukup “shalom” saja.Belajarlah untuk hidup saling memberkati.Jika orang itu tidak tahu arti salam berkat Anda, itulah kesempatan Anda untuk bersaksi karena shalom hanya dapat diterima bagi orang yang laak – yakni mereka yang telah ditebus karena kasih karunia Yesus.

B4 (Bersaksi)
Setelah belajar 3 hari melalui 5B ini, cobalah bagikan pengertian Anda tentang shalom kepada sesama rekan komsel. Jika sudah lancar, bersiaplah untuk membagikannya kepada orang lain. Untuk orang non Kristen, Anda boleh mendiskusikan apa arti salam “as-salam alaykum”  atau salam “ping an” (Chinese: damai). 

B5 (Berkat)
Tuliskan berkat ketika Anda mulai saling memberkati dengan sesama.


Kamis, 26 Desember 2013
PEMBAWA SHALOM
I Samuel 25:6

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.

B2 (Belajar)
Salam macam apa yang diminta Daud untuk diucapkan kepada Nabal?

Pengajaran:
Daud rupanya orang yang memperhatikan segala dimensi kehidupan. Ketika Daud dalam pelarian dan ingin bertamu ke rumah Nabal, Daud berpesan kepada utusannya untuk membawa shalom kepada sang tuan rumah. Shalom atas dirinya, shalom atas seisi keluarganya, dan shalom atas segala yang ada padanya (usaha peternakan Nabal dan segala yang dimilikinya). 
Daud adalah gambaran tentang Kristus, Sang Raja Shalom.Daud adalah raja yang sangat mendoakan terjadinya shalom dalam pemerintahannya. Ibukota kerajaannya diberi nama Yerusalem, yang artinya tempat shalom (5B Selasa). Anak yang menjadi putra mahkotanya diberi nama Salomo, yang berasal dari kata shalom.Daud banyak menggubah dan mengajarkan tentang shalom.
Hal yang sama ingin dikerjakan Allah – sumber shalom (Roma 16:20, Filipi 4:9, I Tes 5:23).  II Tes 3:16 berkata, “Dan Ia, Tuhan damai sejahtera, kiranya mengaruniakan damai sejahtera-Nya terus-menerus, dalam segala hal, kepada kamu. Tuhan menyertai kamu sekalian.”

B3 (Berbuat)
1.      Pelajari dan nyanyikan lagu dalam bahasa Ibrani yang sangat terkenal ini.
HEVENU SHALOM ALEICHEM (artinya: kami datang membawa shalom atasmu)
hevenu Shalom aleichem  (3x)
hevenu Shalom Shalom, Shalom aleichem 
2.      Bersyukurlah untuk Allah Sumber Sejahtera yang sungguh memperhatikan seluruh dimensi kesejahteraan hidup kita.

B4 (Bersaksi)
Ajaklah keluarga/komsel Anda bersama menyanyikan lagu HEVENU SHALOM ALEICHEM 

B5 (Berkat)
Tuliskan peneguhan yang Anda terima dari kenyataan pengenalan mengenai Allah kita.


Jumat, 27 Desember 2013
JEHOVAH-SHALOM, SARO SHALOM
Hakim-hakim 6:24, Yesaya 9:5

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.

B2 (Belajar)
1.      Bagaimana Gideon menyebut Allah dalam Hakim-hakim?(6:24)
2.      Apa sebutan terakhir Sang Mesias dalam Yesaya9:5?
Pengajaran:
Gideon mendirikan mezbah dan menyebut Allah dengan nama Yehowa Shalom (Allah Penyelamat Pembawa Shalom).Saat itu bangsa Israel ditindas bangsa Median.Mereka hidup dalam ketakutan, kekurangan, dan penindasan.Mereka membutuhkan penyelamat, yang membawa mereka dalam keadaan yang baik (shalom). Ketika Gideon mendapat janji kelepasan dari Tuhan, segera ia mengaminkannya seraya mendirikan mezbah dan menyebut Tuhan sebagai Allah yang akan membawa keadaan shalom bagi Israel.
Situasi yang mirip terjadi di zaman nabi Yesaya.Saat itu bangsa Yehuda sedang mengalami ancaman invasi dari bangsa Asyur yang adi-kuasa.Pada mulanya bangsa Yehuda memilih tunduk kepada Asyur tetapi lama kelamaan bangsa Yehuda tidak tahan harus membayar upeti kepada Asyur.Maka Yehuda meminta bantuan Mesir dan memberontak kepada Asyur.Tindakan ini sudah dikecam Yesaya justru mengandalkan bangsa asing dan tidak datang kepada Allah.Pemberontakan ini akhirnya digagalkan Asyur, dan mereka menindas Yehuda makin kejam dank eras.Dalam situasi itulah, Yesaya diutus kembali untuk menubuatkan kehadiran Raja Damai (Saro Shalom) yang akan membebaskan mereka dari penderitaan karena penjajahan, dan membawa mereka menjadi negara yang penuh shalom.

B3 (Berbuat)
Apakah Anda tengah merindukan shalom?Percayalah kepada Tuhan Yesus, Sang Raja Shalom. Imani bahwa tahun 2014 akan menjadi tahun penuh rahmat buat Anda. Naikkan satu doa yang spesifik di area dimana Anda sudah kepayahan, bahkan nyaris tergoda untuk berpaling kepada pertolongan dunia. Mintalah Saro Shalom menjadi pelepas dan penyelamat Anda.

B4 (Bersaksi)
Ajaklah keluarga/komsel Anda untuk mendukung pergumulan Anda.

B5 (Berkat)
Tuliskan area dimana Tuhan membangkitkan iman Anda.


Sabtu, 28 Desember 2013
FIRMAN SHALOM
Yesaya 48:18-22

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.

B2 (Belajar)
1.      Apa yang terjadi jika kita memperhatikan semua perintah Tuhan? (18-19)
2.      Mengapa Anda tidak perlu datang kepada Babel dan Kasdim?  (20-21)
3.      Siapa yang tidak berhak mendapatkan Shalom ?  (22)
Pengajaran:
Shalom adalah keadaan dimana kita menerima segala berkat Tuhan secara penuh. Shalom berbicara mengenai berkat Kanaan. Shalom semacam ini datang dari pihak Tuhan, dan tidak bisa diberikan oleh dunia.Orang Babel dan Kasdim, walau tampaknya makmur dan kuat, seolah memberi jaminan untuk mendapat shalom bagi yang bersekutu dengan dia – sesungguhnya adalah kekejian bagi Tuhan.tidak ada shalom dalam diri mereka, bahkan mereka akan menerima murka Allah.Itu sebabnya Tuhan memerintahkan umatNya untuk keluar dari persekongkolan dengan dunia.
Sebaliknya, agar umat sampai pada shalom maka Tuhan memberikan firmanNya.Firman Tuhan adalah peta/rute yang membawa kita yang mentaatinya kepada shalom sorgawi.Paulus pernah berkata, “Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya.Itulah firman yang Ia suruh sampaikan kepada orang-orang Israel, yaitu firman yang memberitakan damai sejahtera oleh Yesus Kristus, yang adalah Tuhan dari semua orang.”  (Kis 10:35-36).Firman Tuhan adalah firman shalom.
Dapatlah disimpulkan sekarang, mendoakan seseorang (atau diri sendiri) untuk menerima shalom berarti:
1.      Diawali dengan anugerah Allah yang membawa Injil Damai Sejahtera, sehingga orang itu bisa menerima Sang Raja Shalom yaitu Yesus Kristus
2.      Ditindaklanjuti Allah dengan menyingkapkan Firman Damai Sejahtera, sehingga orang itu tahu kemana harus melangkah
B3 (Berbuat)
Doakan kembali area dimana Anda menginginkan shalom (5B jumat kemarin).Mintalah kepada Tuhan Yesus untuk menyingkapkan firman damai sejahtera secara spesifik pada area hidup Anda tersebut.Ambil kembali alkitab Anda, dan dalam pimpinan Roh Kudus biarkan Dia menunjukkan firman shalom kepada Anda.

B4 (Bersaksi)
Hafalkan:
Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya. (Yesaya 32:17)

B5 (Berkat)
Tuliskan peneguhan yang Anda berikan dari sharing rekan komsel/keluarga Anda


Minggu, 29 Desember 2013
KERAJAAN SHALOM
I Raja-raja 4:1-21

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.

B2 (Belajar)
1.      Siapakah yang menjadi raja atas Israel dalam bacaan hari ini? (1)
2.      Apa yang terjadi atas seluruh wilayah kekuasaannya? (24)
Pengajaran:
Ada sebuah type (pribadi di Perjanjian Lama yang menggambarkan kebenaran di Perjanjian Baru dan/atau di akhir zaman) tentang pemerintahan Raja Shalom.Saat Salomo menjadi raja, ditunjukkan bahwa Israel demikian sejahtera (24).Tiap orang hidup tentram di tengah kelimpahan (25).Ada kesukaan di seluruh negeri (20).Dan pemerintahannya disegani seluruh bangsa (21).
Apa yang terjadi di zaman Salomo merupakan cicipan saja dari apa yang terjadi saat Tuhan Yesus memerintah sebagai Raja Shalom.Yesaya dan nabi-nabi lain menubuatkan datangnya pemerintahan Sang Raja Shalom yakni Yesus Kristus yang luar biasa.
Yesaya 65:25, Serigala dan anak domba akan bersama-sama makan rumput, singa akan makan jerami seperti lembu dan ular akan hidup dari debu. Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di segenap gunung-Ku yang kudus," firman TUHAN.(bandingkan Yesaya 11:6)

Inilah pengharapan terbesar di akhir masa Perjanjian Baru. Mesias akan datang membawa kejayaan Raja Daud, membawa kesejahteraan yang lebih besar dari Raja Salomo.Israel rindu hidup tenang, tentram, damai, dan sejahtera.Dan di puncak dari pengharapan mereka inilah, Tuhan Yesus lahir ke dunia dalam peristiwa Natal.

B3 (Berbuat)
Menjelang tutup tahun 2013, syukurilah segala rahmat yang telah Anda alami.Itulah cicipan shalom dari Tuhan.mempersiapkan memasuki tahun 2014, mari imani kita akan mengalami masa penuh shalom bersama Tuhan Yesus.

B4 (Bersaksi)
Ajaklah keluarga Anda untuk berdoa bersama dalam syukur akhir tahun dan mengimani awal tahun.

B5 (Berkat)             
Tuliskan berkat yang Anda terima dari 5B sepanjang minggu ini.



GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top