Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4


FOR UNTO US
(TELAH LAHIR BAGI KITA)

YESAYA 9:5
Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.”

Saya pertama kali mendengar ayat ini dari salah satu lagu Oratorio terkenal berjudulMessiah karangan George Frideric Handel (1685-1759). Saya mendengarnya sejak lebih dari 25 tahun lalu. Lagu tersebut memakai ayat ini sebagai liriknya. Awalnya, saya suka sekali pada musiknya yang megah. Namun, seiring waktu, saya mulai mengagumi liriknya yang memang diambil dari ayat ini. Dari seluruh nubuat Perjanjian Lama atas Tuhan Yesus, ayat ini termasuk nubuat teragung yang sudah dinyatakan 700 tahun sebelum Dia lahir.

Dalam kehidupan kita, pemberian nama bukan hal yang sepele. Nama yang diberikan oleh orangtua kepada anaknya mengandung harapan mereka atas anaknya itu. Demikian pula dalam Alkitab, penamaan tokoh-tokoh Alkitab mengandung makna dan tujuan dari setiap orang tersebut. Waktu Allah menamai seseorang, Dia sedang menetapkan jatidiri dan arah kepadanya.

Apalagi penamaan Allah Bapa atas Yesus Kristus, Anak-Nya yang tunggal. Tahukah Anda bahwa Tuhan Yesus memiliki lebih dari seratus nama dan julukan di sepanjang Alkitab? Setiap nama dan julukan dari Tuhan Yesus menyampaikan satu aspek tentang Dia. Hans Nicoley dengan tepat mengatakan, “Keindahan, kesempurnaan, dan keagungan Tuhan Yesus yang tiada tandingannya itu tidak akan cukup dieksresikan oleh satu nama saja!” Itu sebabnya, merenungkan setiap nama atau julukan Tuhan Yesusakan memperluas pengenalan kita tentang Dia dan memperdalam penyembahan kita kepada Dia.

Dalam Adven tahun ini, kita akan mengupas empat nama dari Tuhan Yesus yang diungkapkan oleh YESAYA 9:5. Empat nama Tuhan Yesus, yaitu Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, dan Raja Damai akan dibahas satu per satu selama empat Minggu Adven.

Lebih lanjut, keempat nama yang istimewa dari Tuhan Yesus ini bukan sekedar menjelaskan siapa Dia tetapi apa relevansinya untuk kita, umat-Nya. Keempat nama-Nya menuntun kita untuk melihat Dia sebagai Allah yang peduli akan kita. Itu sebabnya, ayat ini dibuka dengan frase “Sebab seorang anak telah lahir untuk kita…”

Sebagai Penasihat Ajaib, Dia selalu membimbing kita dalam segala kekayaan hikmat-Nya. Sebagai Allah yang Perkasa, Dia senantiasa melindungi kita menghadapi segala bahaya dan semua musuh. Sebagai Bapa yang Kekal, Dia setia mengasihi, mengayomi, dan memelihara kita. Sebagai Raja Damai, Dia memberi kita harapan dan ketenangan yang sejati di tengah badai kehidupan.

            Doa saya, semakin Anda mengenal Kristus maka semakin hati Anda mencintai Dia. Sebab, Natal adalah momen di mana kasih Kristus membangkitkan kasih kita kepada-Nya kembali.

            Selamat memasuki masa persiapan Natal. Dan selamat Natal 2013!

GI. Jimmy Setiawan
Gembala Ibadah GKBJ Taman Kencana


GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top