Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4

PROVIDENSI ALLAH

Senin, 25 November 2013
GEMBALA DAN PEMELIHARA
1 Petrus 2:25

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.

B2 (Belajar)
1.      Bagaimanakah hidup kita dahulu?  Apa artinya?
2.      Bagaimanakah hidup kita sekarang?  Apa artinya?

Pengajaran:
Ini adalah ayat yang sangat indah.Dahulu kita digambarkan seperti domba yang sesat.Kita ingin bertanggungjawab atas hidup kita sendiri.  Kita memilih apa yang terbaik menurut kita, berjalan kea rah mana kita mau, melakukan apa yang kita anggap benar, dan hasilnya adalah:  kita tersesat.  Semakin Anda mencoba mengendalikan hidup Anda sendiri, Anda justru makin jauh dari sasaran hidup Anda.  Anda semakin kebingungan, dan jiwa Anda gelisah, dan masa depan tampak gelap.
Namun ketika Anda ditemukan Tuhan Yesus, dan dibawa dalam relasi dengan Bapa Pencipta – Anda telah kembali kepada Sang Gembala dan Pemeliharan jiwa Anda.Allah adalah penanggung jawab hidup Anda.  Dia akan mengatur kemana Anda melangkah, bak gembala yang baik yang membawa ke padang rumput hijau.  Dia yang akan menyediakan segala yang diperlukan, karena domba tak perlu tahu apapun asal domba tahu sang gembala.  Dia akan memelihara kita, mengawas-awasi dari tempat tinggi untuk menjaga dan mengaturkan yang terbaik bagi kita. 
Doktrin providensi Allah adalah doktrin yang sangat indah, yang membuat Anda tahu Anda tidak pernah berjuang sendiri di dalam kehidupan karena Allah tengah mengatur segala sesuatu sesuai dengan maksud dan tujuan Allah di dalam diri Anda.

B3 (Berbuat)
Hari ini, serahkan hidupmu kepada Gembala dan Pemelihara jiwa Anda.  Dan hari ini, amat-amatilah apa yang Tuhan aturkan untuk kehidupanmu.  Catatlah hal-hal indah yang terjadi di luar rencanamu, dan ketahuilah itulah providensi Allah dalam hidupmu.

B4 (Bersaksi)
Sharingkan pengalamanmu hari ini dengan keluarga Anda

B5 (Berkat)
Minggu ini Anda perlu buku khusus untuk mencatat pengalaman hidup dalam pemeliharaan Tuhan.  Kita akan sebut buku itu sebagai Catatan Pemeliharaan Allah (CPA).









Selasa, 26 November 2013
PROVIDENSI ALLAH: DEFINISI
Nehemia 9:6

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.

B2 (Belajar)
1.      Ada dua perkara yang dikerjakan Allah atas semesta ini, apakah itu?
2.      Apa respon ciptaan atas penciptaan dan pemeliharaan Allah?

Pengajaran:
Allah bukan hanya telah menciptakan tetapi juga selalu memelihara dan menopang seluruh dunia ini. Setelah pekerjaan penciptaanNya, Dia tidak berlibur namun memelihara semuanya. 
Kata Providensi berasal dari bahasa Inggris Provide, yang artinya menyediakan.A.A Hodge menjelaskan, bahwa kata Providensi berasal dari bahasa latin pro dan video, yang berarti tinjauan ke masa depan, sehingga dapat mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk masa depan tersebut .
Providensi Allah  menurut Pengakuan Iman Westminster (1648) berarti:  Allah, Pencipta yang agung atas segala sesuatu, menopang, memimpin, mengatur, dan memerintah atas semua ciptaan, tindakan, dan segala sesuatu; mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil; dengan providensi-Nya yang agung dan suci; menurut pra-pengetahuan-Nya yang tak dapat bersalah (infallible) dan pertimbangan kehendak-Nya yang bebas dan kekal; untuk mendatangkan pujian bagi kemuliaan hikmat, kuasa, keadilan, kebaikan, dan kemurahan-Nya.
Sedang menurut Katekismus Heidelberg  (1563, jawaban atas pertanyaan 27) adalah: Kekuatan Allah, yang mahakuasa dan yang hadir di segala tempat (Yoh 5:17). Dengannya Diamemelihara langit dan bumi serta semua makhluk seakan-akan dengan tangan-Nya sendiri, danmemerintahnya (Maz 104:30), sehingga daun dan rumput, hujan dan kemarau (Yer 5:24), masa kelimpahan dankekurangan, makanan dan minuman, sehat dan sakit (Yoh 9:3), kekayaan dan kemiskinan (Ams 22:2), dan segala hal tidak menimpa kita secara kebetulan, tetapi datang dari tangan Bapa saja (Mat10:29).

B3 (Berbuat)
Sadarkah bahwa Allah tengah bekerja dalam segala perkara di kehidupan Anda, tidak ada hal yang kebetulan terjadi karena semua datang dari tangan Bapa saja (Heidelberg).Tuliskan di buku CPA Anda hal-hal apa yang Anda alami hari ini dimana Anda melihat pemeliharaan Allah atas diri Anda.

B4 (Bersaksi)
Ceritakan dengan antusias pengalaman Anda

B5 (Berkat)
Anda boleh bertukar CPA dengan keluarga atau rekan komsel Anda










Rabu, 27 November 2013
PROVIDENSI ALLAH:  CAKUPAN
Matius 10:29-31

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.

B2 (Belajar)
1.      Apasajakah yang termasuk dalam pengaturan Tuhan?  (29-30)
2.      Apa respon kita atas pemelihataan Tuhan itu? (31)

Pengajaran:
Providensi Allah bekerja secara menyeluruh dan tuntas, agar seluruh maksud Allah atas semua ciptaan dipastikan bisa tercapai.Pengaturan Allah termasuk hal-hal remeh (rambut), apalagi hal-hal yang serius.Pengaturan Allah termasuk kejadian yang tampaknya tak ada hubungan dengan kehidupan Anda (burung yang terbang), apalagi yang terkait langsung dengan hidup Anda.Pemeliharaan Allah itu pasti, dan rancangan Allah untuk Anda adalah indah.Itulah sebabnya kita boleh merasa tenang dan bersukacita hidup dalam pengaturan Tuhan.
Prof. Wayne Grudem memberi definisi bahwa providensi Allah berarti Allah secara terus menerus menyertai semua ciptaan, yaitu dengan 1) menjaga semua keberadaan dan memelihara semua yang telah diciptakanNYA, 2) bekerjasama dengan semua ciptaan dalam setiap hal yang dilakukan, dan juga mengarahkan mereka agar tetap berada dalam apa yang seharusnya mereka lakukan, 3) mengarahkan mereka agar tetap berada dalam tujuan Allah.
Terkait butir 2 dari definisi Grudem, artinya Allah bisa menjadi penyebab langsung untuk mengintervensi kehidupan Anda (mujijat) maupun menjadi penyebab kedua (penyebab tak langsung) yakni memakai kondisi dan orang lain untuk mengerjakan sesuatu yang Tuhan inginkan (akan dijelaskan lebih rinci pada 5B esok hari).  Allah bekerja dalam segala sesuatu, tak ada hal yang kebetulan terjadi, dan tak ada hal yang lolos dari pengaturan-Nya.

B3 (Berbuat)
Ini adalah tindakan iman.  Kali ini tulis di CPA Anda hal-hal apa yang Anda harapkan terjadi hari ini, dan berdoalah dengan penuh iman kepadaNya.  Kemudian amatilah apa yang akan Tuhan kerjakan untuk hidup Anda hari ini.

B4 (Bersaksi)
Ceritakan dengan antusias pengalaman Anda

B5 (Berkat)
Tuliskan berkat yang Anda terima hari ini dalam CPA Anda.











Kamis, 28 November 2013
KEDAULATAN TUHAN
Rut 2:1-3

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.


B2 (Belajar)
1.      Apa yang direncanakan Rut dan Naomi?  (1-2)
2.      Ke ladang siapa Rut pergi?  (3)

Pengajaran:
Tidak ada kata ‘kebetulan’ di dalam Tuhan.Perhatikan ayat 3 dari bacaan kita.  Rut ‘kebetulan’ mendatangi ladang Boas, yang ‘kebetulan’ adalah sanak Naomi dan memiliki hak menjadi penebus Rut (2:20).  Berbagai kebetulan inilah yang menunjukkan pengaturan Allah (providensi Allah) atas kehidupan Rut dan Naomi.Allah tengah bekerja dalam segala sesuatu – dalam hal ini pilihan Rut untuk melangkahkan kaki, sedemikian sehingga pemeliharaan Allah terlaksana.
Berulang kali Alkitab mencatat peristiwa semacam ini.  Dalam kasus Yunus dikatakan “atas penentuan Tuhan” datanglah badai, datanglah ikan besar, dst.  Paulus mengalami pemeliharaan Tuhan berkali-kali sehingga diloloskan dari maut sebelum waktunya tiba.Berulang kali kehidupan kita mengalami peristiwa “kebetulan” yang menggembirakan.  Sering kita berkata, “kok bisa-bisanya” dia mengingat kita, dst.  Hal-hal ini harusnya menyentuh kepekaan kita akan pemeliharaan Allah dalam kehidupan kita. 
Maka jangan kita kuatir mengenai apapun juga, karena Allah bertanggung jawab untuk memelihara kita secara sempurna.  Benarlah firman Tuhan dalam 1 Petrus 5:7  Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”

B3 (Berbuat)
Tuliskan lagi di CPA Anda hal-hal apa yang Anda harapkan terjadi hari ini, dan berdoalah dengan penuh iman kepada-Nya.  Dan alami lagi hal-hal serba “kebetulan” dalam hidup Anda hari ini.

B4 (Bersaksi)
Teguhkan hati sesamamu mengenai penyertaan Tuhan yang nyata dalam hidup mereka

B5 (Berkat)
Tuliskan berkat yang Anda terima hari ini dalam CPA Anda.












Jumat, 29 November 2013
PROVIDENSI ALLAH:  JENIS
Roma 1:20, 8:28

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.

B2 (Belajar)
1.      Dalam Roma 1:20, Kepada siapaKAH tindakan Allah ditujukan, apa makudnya?
2.      Dalam Roma 8:28, Kepada siapaKAH tindakan Allah ditujukan, apa makudnya?

Pengajaran:
Providensi Allah dibedakan menjadi dua, yaitu:
1.       Pemeliharaan umum
Providensi umum Allah nyata sebagai anugerah umum-NYA, dimana Allah dengan kasih-NYA tidak hanya memberikan kepada umat-NYA yang telah dipilih-NYA, tetapi kepada setiap makhluk yang telah diciptakan-NYA, hal ini bertujuan agar setiap orang tidak dpat berdalih terhadap apa yang telah Allah lakukan (Roma 1:20).
2.      Pemeliharaan khusus.
Providensi khusus diberikan Allah khusus hanya kepada umat kesayangan-NYA, dimana Ia menyediakan suatu keistimewaan yang memastikan umat yang mengasihi Dia mendapatkan segala kebaikan yang disediakan oleh-Nya dan mencapai maksud Allah dalam hidup mereka. 
Termasuk dalam pemeliharaan khusus ini adalah mujijat, yakni intervensi Allah di luar kebiasaan umum atau hukum alam, untuk menjaga, memelihara, dan meneguhkan umat-Nya.Peristiwa terjadinya mujizat seharusnya membuat umat tidak tergantung pada mujizat saja tetapi lebih pada Allah sebagai pembuat dari mujizat tersebut.

B3 (Berbuat)
Anda memiliki hak istimewa di mata Tuhan.Ucapkan syukur atas kebenaran ini, dan atas pengalaman anda yang tercatat di CPA anda.

B4 (Bersaksi)
Sampaikan dengan antusias keindahan menjadi umat pilihan Tuhan

B5 (Berkat)
Tuliskan berkat yang Anda terima hari ini dalam CPA Anda.













Sabtu, 30 November 2013
PROVIDENSI ALLAH: JANGAN SALAH PAHAM
Roma 8:22-23

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.

B2 (Belajar)
Siapakah yang dalam hidupnya bisa mengalami kesulitan?

Pengajaran:
Doktrin pemeliharaan Allah adalah doktrin yang indah.  Namun ada beberapa bahaya yang harus Anda mengerti agar tidak terjebak dengan iman yang keliru:
1.      Kita sering menginginkan pemeliharaan Allah yang serba cepat dan instan (mujijat). Padahal Allah bekerja tidak selalu serba cepat dan instan.
2.      Pemeliharaan Allah dianggap semuanya akan berjalan lancar. Padahal Allah dapat mengizinkan yang jahat termasuk segala dinamika kehidupan terjadi dalam umat-Nya. Lihatlah Yusuf yang dibuang saudaranya sebagai budak.  
3.      Pemeliharaan Allah selalu diinginkan secara jelas dan nyata. Padahal Allah tidak selalu memelihara melalui yang kelihatan saja (uang, materi, kesehatan, dsb) namun juga melalui kekuatan emosi, pertolongan sesama, dst.
4.      Pemeliharaan Allah tidak berarti fatalism, dimana kita cuma boneka karena semua sudah ditakdirkan.  Allah bekerja dengan cara yang membuat Anda tetap memiliki tanggung jawab dalam kehidupan Anda.
5.      pemeliharaan Allah tidak hanya terkait hal-hal yang besar saja (cari jodoh, cari kerja, dst) melainkan juga turut bekerja melalui hal-hal terkecil dalam hidup kita. Kita masih bisa bernafas pun juga merupakan pemeliharaan Allah.
B3 (Berbuat)
tuliskan di CPA Anda hal-hal remeh atau bahkan hal-hal buruk yang sebenarnya merupakan potongan puzzle yang membentuk hidup Anda menjadi indah saat ini
B4 (Bersaksi)
Ceritakan dengan hati bersyukur atas apa yang Anda temukan di B3 hari ini

B5 (Berkat)
Tuliskan berkat yang Anda terima hari ini dalam CPA Anda.











Minggu, 1Desember 2013
PROVIDENSI ALLAH:  AYAT-AYAT TERKAIT
Lihat bagian B2

B1 (Berdoa)
Berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita dapat mengerti kebenaran-Nya.

B2 (Belajar)
Berdasar ayat-ayat berikut, temukan apa saja yang termasuk dalam pengaturan Allah:
1.      Mazmur 103:19, Daniel 5:35, Efesus 1:11
2.      Ayub 37:5, 10, Mazmur 104:14,  135:6, Matius 5:45
3.      Mazmur 104:21, 28, Matius 6:26
4.      Ayub 12:23, Mazmur 22:28
5.      1 Samuel 16:1, Mazmur 139:16
6.      Mazmur 75:6,7
7.      Amsal 16:33
8.      Mazmur 4:8, 5:12
9.      Kejadian 22:8, Ulangan 8:3
10.  1 Samuel 1:19, Yesaya 20:5
11.  Mazmur 7:12, 11:6

Pengajaran:
Allah itu sempurna.  Dia mengatur dan memelihara semua hal, seperti:seluruh alam semesta - dunia fisik - binatang dan segala mahluk - semua kegiatan bangsa-bangsa - kelahiran dan hidup manusia - keberhasilan dan kegagalan manusia - hal-hal yang tampaknya kebetulan - Perlindungan orang benar - Pemenuhan kebutuhan umat manusia - Terhadap jawaban doa - Menghukum kejahatan, dan masih banyak lagi.
Percayakan hidup Anda kepada Dia, karena Dialah pemelihara hidup kita.

B3 (Berbuat)
Naikkan doa berkenaan dengan perkara tertentu yang membutuhkan pengaturan Tuhan, dan lihatlah bagaimana Tuhan bekerja melalui berbagai situasi.  Jangan lupa catat di CPA Anda.

B4 (Bersaksi)
Ceritakan permohonan Anda untuk didoakan bersama rekan komsel Anda

B5 (Berkat)
Tuliskan kebenaran yang Anda dapatkan dari pelajaran minggu ini



GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top