Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4


Senin, 12 November 2012
PEKERJAAN BAIK (1)
Ayat hari ini: Efesus 2:8-10
B2.     Oleh karena apakah kita diselamatkan? (ay. 8-9)
Siapakah kita sebenarnya (ay. 10a)
Untuk apakah kita diciptakan? (ay. 10b)
Kapankah rencana Allah untuk kita dipersiapkan? (ay. 10c)
Apakah yang Allah mau kita lakukan dengan rencana tersebut? (ay. 10d)

Setiap kita luar biasa. Tidak ada satupun manusia yang diciptakan Allah tanpa tujuan. Mengapa kita luar biasa?
1.    Karena kita semua adalah buatan Allah yang luar biasa. (ay. 10a)
2.    Karena kita telah diciptakan di dalam Kristus Yesus (ay. 10b). Kita telah ditebus dengan darah yang mahal.
Allah menciptakan dan bahkan menebus kita dengan darah Yesus yang mahal pasti karena ada tujuan yang luar biasa dalam kehidupan kita.

Dalam ayat 10b, kita dapat melihat bahwa Allah telah mempersiapkan pekerjaan baik yang akan kita kerjakan. Wow! Setiap kita memiliki daya guna di mata Allah, tidak ada satupun yang tidak berguna, karena ada pekerjaan “baik” yang telah Allah siapkan bagi kita. Inilah tujuan Allah menciptakan kita agar setiap kita melakukan pekerjaan yang baik dalam kehidupan kita.

B3.     Bersyukurlah kepada Allah karena ada pekerjaan baik yang telah dipersiapkan          bagi kita! Dan camkanlah bahwa anda hidup dengan suatu tujuan yang mulia!


Selasa, 13 November 2012
PEKERJAAN BAIK (2)
Ayat hari ini: Efesus 2:8-10
B2.     Oleh karena apakah kita diselamatkan? (ay. 8-9)
Siapakah kita sebenarnya (ay. 10a)
Untuk apakah kita diciptakan? (ay. 10b)
Kapankah rencana Allah untuk kita dipersiapkan? (ay. 10c)
Apakah yang Allah mau kita lakukan dengan rencana tersebut? (ay. 10d)

Myles Munroe mengatakan: “Setiap manusia diciptakan untuk menyelesaikan sesuatu yang spesifik yang tidak dapat diselesaikan oleh siapapun”. Ajaran New Age Movement mengajarkan bahwa kita dapat menjadi apa saja sesuai yang kita inginkan. Ini berbahaya. Ini berarti kita menjadi “allah” bagi diri kita sendiri. Pola pikir seperti ini akan menyeret kita untuk mengutamakan kepentingan kita sehingga kita semakin jauh dari rencana Allah.

Menurut Efesus 2:10, kita diciptakan di dalam Kristus Yesus, untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan baik yang telah ditetapkan Allah jauh sebelum dunia ini dijadikan. Jadi Allah memiliki rencana spesifik bagi setiap kita yang ada di dalam Kristus. Jadi kita menentukan kehidupan kita sendiri, tetapi kita harus bertanya kepada Allah mengenai rencana (pekerjaan baik) yang telah Allah persiapkan bagi setiap kita secara spesifik jauh sebelum dunia dijadikan.

B3.     Pernahkah anda bertanya secara sungguh-sungguh kepada Allah sebelum anda           memutuskan langkah yang akan anda ambil menuju masa depan anda? Ambillah      komitmen untuk melibatkan Allah secara sungguh-sungguh dalam menentukan      setiap langkah yang akan anda jalani untuk menuju masa depan!

Rabu, 14 November 2012
MENGASIHI ALLAH DAN SESAMA
Ayat hari ini: Markus 12:30-31
B2.     Apakah artinya sebuah “perintah”?
Menurut anda, Apakah anda harus mempraktekkan perintah yang terutama dalam kehidupan anda sehari-hari (dalam bidang apapun)?

Mengasihi Allah dan mengasihi sesama adalah perintah yang terutama bagi setiap kita. Perintah adalah suatu hal yang wajib untuk kita lakukan. Jelas bahwa dalam kehidupan kita setiap waktu, kita harus mempraktekkannya. Ini merupakan panggilan bagi setiap kita secara umum. Kita harus mengasihi Allah dan sesama dalam kehidupan kita. Masih ada banyak lagi panggilan kita secara umum sebagai orang percaya. Kita dipanggil untuk serupa Kristus, hidup dalam kekudusan, mencari Kerajaan Allah, dan sebagainya.

Tetapi kedua hal inilah yang utama. Karena panggilan yang lain mengarah kepada kedua hal ini, yaitu mengasihi Allah dan mengasihi sesama. Untuk menemukan panggilan spesifik dalam kehidupan kita, kita harus menghidupi kedua hal ini. Karena setiap panggilan spesifik kita pasti akan mengarah untuk kemuliaan Allah dan melayani sesama, bukan untuk kepentingan kita sendiri saja.

B3.     Apakah anda berfokus untuk melakukan perintah yang terutama dalam           kehidupan anda? Panggilan hidup yang spesifik akan kita temukan ketika kita        mengutamakan Allah dan sesama, bukan mengutamakan kepentingan kita         semata.











Kamis, 15 November 2012
“PENGALAMAN” YANG DIPAKAI ALLAH
Ayat hari ini: Kejadian 50:15-21
B2.     Bagaimanakah sikap saudara-saudara Yusuf terhadapnya?
          Apakah yang membuat Yusuf dapat mengampuni saudara-saudaranya?

Sangatlah sulit berespon seperti Yusuf. Saudaranya telah melakukan hal yang jahat terhadapnya. Ketika ayah mereka meninggal, saudara Yusuf mulai ketakutan. Mereka takut Yusuf yang waktu itu telah berkuasa akan membalaskan dendamnya kepada mereka. Tetapi Yusuf berespon dengan berbeda. Ia justru mengampuni dan bahkan tetap berbuat baik kepada saudara-saudaranya. Apakah yang membuat Yusuf dapat berbuat seperti ini?

Ayat 21 adalah jawabannya. Ketika semuanya telah terjadi Yusuf mengerti bahwa setiap kejadian dan pengalaman yang ia alami, telah direka-rekakan Allah untuk sebuah kebaikan, yaitu memelihara hidup suatu bangsa yang besar. Setiap kejadian dan pengalamannya menghantar kepada posisinya menjadi salah satu orang terkuat di Mesir, sehingga ketika bangsanya dilanda kelaparan, Yusuf dapat memelihara hidup suatu bangsa yang besar. Setiap pengalaman dan apapun yang Allah izinkan terjadi dalam kehidupan kita bukanlah kebetulan, setiap hal itu terjadi berhubungan dengan panggilan spesifik kita.

B3.     Pengalaman paling menyakitkan apakah yang pernah anda alami? Jangan pernah sesali pengalaman menyakitkan itu, karena Allah punya rencana atas setiap pengalaman (baik atau buruk) yang kita alami! Bersyukurlah atas semua itu! Mintalah hikmat dari Allah agar anda dapat mengerti tujuan Allah atas hidup anda!



















Jumat, 16 November 2012
MENGINGKARI PANGGILAN TUHAN
Ayat hari ini: Yunus 1:1-17
B2.     Apakah panggilan Tuhan secara spesifik bagi Yunus?
          Apakah Yunus menaatinya?

          Panggilan Tuhan secara spesifik kepada Yunus sangatlah jelas. Yunus diminta untuk pergi ke Niniwe dan berseru terhadap mereka karena kejahatan mereka. Tetapi Yunus lari dari panggilan Tuhan terhadapnya. Alhasil, malapetaka besar terjadi dalam kehidupannya. Pengalaman yang sungguh berarti membuat Yunus akhirnya menaati panggilan Tuhan (pasal 3). Dan akhirnya, karena Yunus mau menaati panggilannya suatu bangsa mengalami pertobatan.

          Seringkali panggilan Tuhan terlihat tidaklah mengenakkan. Tetapi panggilan Tuhan pasti akan mendatangkan kebaikan bagi kehidupan kita dan orang lain. Jika kita lari dari panggilan kita, maka Tuhan akan terus mengejar, seperti Tuhan mengejar Yunus. Jangan pernah meragukan Tuhan, karena Tuhan telah menentukan yang terbaik bagi kehidupan kita.

B3.     Apakah kenyamanan membuat anda lari dari panggilan Tuhan? Ambillah komitmen untuk meninggalkan kenyamanan demi memenuhi panggilan Tuhan!

























Sabtu, 17 November 2012
Talenta untuk menggenapi panggilan
Ayat hari ini: Hakim-Hakim 13:1-5
B2.     Panggilan apakah yang Allah berikan kepada Simson?
          Sejak kapankah ia mendapatkan panggilan itu?
          Talenta/kemampuan apakah yang Allah berikan kepada Simson? (Hak 15:5 & 16:17)

          Simson merupakan orang yang beruntung. Sejak di dalam kandungan ibunya, Ia sudah mendapatkan panggilan yang jelas dari Tuhan, yaitu Ia akan menjadi seorang nazir Allah dan dengan dia akan mulai penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin (ay. 5). Dan untuk menggenapi panggilannya, Allah memberikan suatu talenta/kemampuan yaitu kekuatan yang besar.

          Untuk menggenapi panggilan Allah, Allah memberikan talenta/kemampuan kepada kita yang sesuai dengan panggilan yang telah Allah berikan. Talenta/kemampuan/karunia yang kita miliki tidaklah sia-sia, semuanya pasti berguna untuk menggenapi panggilan Allah dalam kehidupan kita. Maka dari itu kita harus setia mengembangkan setiap talenta dan kemampuan yang Tuhan beri. Karena Allah ingin memakai setiap talenta dan kemampuan yang kita miliki untuk menggenapi panggilan-Nya.

B3.     Talenta/kemampuan/karunia apakah yang anda miliki? Renungkanlah hubungan antara talenta/kemampuan/karunia yang Allah berikan dengan panggilan yang Allah berikan bagi kita! Ambillah komitmen untuk mengembangkan setiap talenta/kemampuan/karunia yang telah Allah berikan bagi setiap kita!

Minggu, 18 November 2012
KEGAGALAN SIMSON
Ayat hari ini: Hakim-hakim 16:4-31
B2.     Apakah yang membuat Simson kehilangan kesempatan untuk menjawab panggilan Tuhan?
         
          Seseorang yang sangat berkharisma seperti Simson dapat mengalami kegagalan. Padahal sejak lahir ia telah mengetahui panggilan dan diberikan karunia yang luar biasa dari Tuhan. Rayuan seorang wanita membuat ia kehilangan segalanya. Keinginan dunia dapat menyeret kehidupan kita sehingga kita tidak dapat menjawab panggilan Tuhan atas hidup kita.

          Keinginan dan kesenangan pribadi merupakan penghalang terbesar untuk menjawab panggilan Tuhan atas hidup kita. Kesenangan dunia dapat memalingkan fokus kita dari panggilan yang Tuhan telah berikan atas hidup kita. Kita harus berhati-hati dan menentukan prioritas dengan benar dalam hidup ini. Karena hanya ada perbedaan yang tipis antara hal-hal yang baik dan hal-hal yang terbaik dalam kehidupan kita.

B3.     Apakah yang menjadi penghalang untuk anda dapat menjawab panggilan Allah atas anda? Siapkah anda menanggalkan ego (keinginan pribadi) demi menjawab panggilan Allah yang mulia?


          

GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top