Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4


Senin
Kejadian 1:28
Mendiami Bumi

Kemudian diberkati-Nya mereka dengan ucapan "Beranakcuculah yang banyak, supaya keturunanmu mendiami seluruh muka bumi serta menguasainya.          Kamu Kutugaskan mengurus ikan-ikan, burung-burung, dan semua binatang lain yang liar.
 (terjemahan Bahasa Indonesia Sehari-hari)

B2           Sebutkan tiga hal yang dilakukan manusia di bumi ini.

Manusia diberi kesempatan untuk mendiami,  menguasai, dan  mengurus bumi dan isinya.  Sampai hari ini manusia berdiam di bumi, dan belum pernah hidup berkoloni di tampat lainnya.  Sadarkah anda bahwa bumi adalah satu-satunya tempat dimana kita bisa hidup dan berdiam disana.  Kalau bumi ini rusak hingga tak layak dihuni, maka anda dan saya pun tak bisa hidup wajar.  Sudah banyak film fiksi ilmiah yang menggambarkan manusia bumi menjadi mutant (mahluk aneh) karena DNA pembawa sifat manusia kita menjadi rusak akibat berbagai pencemaran udara dan makanan, dan karena  tak sanggup beradaptasi dengan bumi yang makin mengerikan.
Kalau anda ingin rumah yang nyaman, ingatlah bumi adalah rumah besar anda.

B3           Peganglah tanah dimana anda berpijak, dan syukurilah
                Sentuhlah dedaunan yang masih ada di sekeliling anda, dan kagumilah
                Segarkan diri anda dengan air, dan tanyakan pada diri anda sampai kapan air jernih gampang ditemui
                Naikkan doa syukur untuk bumi tempat kita berdiam yang diciptakan demikian luar biasa oleh Tuhan, dan                 doakan agar bumi tetap layak untuk didiami sampai anak cucu kita.



Selasa
Kejadian 1:28
Menguasi dan Mengurus Bumi Seisinya

B2           apakah yang harus dikuasai dan diurus manusia?

Pernahkah anda diberi tugas untuk mengurus sesuatu?  Misalkan dipercaya urus adik kecil, diminta kelola warung sementara waktu, diberi tugas mengurus taman, atau rumah, atau binatang peliharaan.  Apa artinya?  Ya, anda diberi kekuasaan atas sesuatu agar dirawat dengan baik.  Jika hal yang anda urus itu menjadi baik bahkan makin baik, anda adalah pengelola yang baik.  Sebaliknya jika yang anda urus itu makin berantakan, bahkan rusak, anda adalah pengelola yang buruk.
Bumi dipercayakan Allah kepada manusia untuk diurus dalam kekuasaan mereka.  Sekarang, lihatlah bumi ini.  Menjadi makin baik atau makin burukkah?   Bagaimana bumi ini, tergantung siapa yang mengurusnya! 

B3           tanyakan pada diri sendiri, apakah anda sudah menjadi pengurus yang baik dari bumi ini.




rabu
Kejadian 3:17-18
Hasil kerja dikutuk

B2           apa yang terjadi atas tanah, saat manusia jatuh dalam dosa?  (17)
                Sebagai akibat tanah yang tak lagi bersahabat, apa yang dihasilkannya bagi manusia?  (18)

Tanah yang dahulu bersahabat dengan manusia, kini dikutuk Tuhan.  Di Eden, apa yang dikerjakan manusia membuahkan hasil yang setimpal bahkan lebih dari yang diharapkan (5B Minggu nanti).  Namun di luar Eden, manusia bekerja susah payah dan hanya mendapatkan semak dan duri. 
Sebenarnya apapun yang kita kerjakan hari ini, kalau ditelusuri semuanya adalah hasil dari pengelolaan bumi ini.  Pekerja di pabrik sebenarnya digaji dari hasil bumi yang sedang diproses pabrik.  Karyawan toko menjual barang-barang hasil dari pengolahan hasil bumi.  Apalagi usaha makanan, semuanya adalah hasil kerja dari bumi ini.  Persoalannya, hasil bumi ini dikutuk Tuhan.  Maka manusia perlu melakukan usaha yang sangat keras untuk mengolahnya menjadi kebutuhan kita.  Itulah sebabnya dikatakan, ”bekerja di luar Eden hasilnya lebih banyak keringat.”

B3           jika anda sungguh anak Tuhan, Eden sudah dipulihkan bagi anda.  Lakukanlah pekerjaan bersama Tuhan, kelolalah pekerjaan apapun itu (semua adalah bagian dari proses mengelola bumi) dengan bertanggungjawab dan setia.  Tuhan akan memberkati engkau secara berbeda!




Kamis
Kejadian 3:19
Manusia mengeksplitasi alam dan sesama

B2           sebagai akibat tanah tak bersahabat, apa yang kemudian dilakukan manusia?

Manusia harus bekerja susah payah dan berkeringat, mati-matian – untuk membuat tanah (atau pekerjaan apapun dalam proses mengelola bumi) ini menghasilkan sesuatu.  Apa artinya?  Manusia yang telah jatuh dalam dosa ini memiliki nafsu untuk mengeksploitasi alam.  Kerja biasa tidak cukup, maka mereka harus kerja keras.  Manusia mengeruk segala yang ada di ala mini agar menghasilkan sesuatu untuk dirinya. 
Makin besar skala pekerjaan mereka, makin mereka tidak mau berkeringat sendirian.   Maka manusia mulai mengeksploitasi sesamanya, agar sesamanya yang berkeringat dan dia sendiri tak perlu mengeluarkan keringat.  Muncullah golongan pekerja dan golongan penguasa.  Eksploitasi alam dan eksploitasi sesama terjadi sejak kejatuhan manusia dalam dosa, dan masih berlangsung hingga kini.

B3           sebagai tebusan Tuhan, apakah anda masih mengeksploitasi alam dan mengeksploitasi sesama demi kenyamanan diri sendiri?  Di dalam Tuhan, hasil kerja anda sudah ditebus!  Anda hanya perlu bekerja dengan baik sambil bersandar pada Tuhan.  Anugerah Tuhan cukup bagi anda, tanpa anda harus mengeksploitasi bumi dan sesama anda.


Jumat
Pengkhotbah 10:16-17

16  Celakalah negeri yang rajanya muda belia, dan para pembesarnya semalam suntuk berpesta pora.
17  Mujurlah negeri yang rajanya berwibawa, yang pembesarnya makan pada waktunya, tak suka mabuk dan pandai menahan dirinya.
(terjemahan Bahasa Indonesia Sehari-hari)


B2           tanah akan celaka jika penguasanya  …………………….  (16)
tanah akan berbahagia jika penguasanya  ……………………. (17)
Kitab Pengkhotbah memberi kesimpulan yang sangat jelas.  Celakalah tanah jika penguasanya rakus, suka mengeksploitasi, berpikiran kerdil, dan suka berfoya-foya saja.  Jika manusia menjadi mahluk yang tidak kenal puas dan terus ingin mendapatkan kesenangan, bukan hanya sesamanya yang meratap namun bumi pun ikut merana.
Sebaliknya  berbahagialah tanah jika penguasanya bijak, bisa menahan diri dan tidak menuruti nafsu.  Semua manusia akan hidup sejahtera, dan bumi pun menjadi nyaman untuk ditinggali.
 Sekarang, lihatlah keadaan “tanah” dimana anda tinggal.  Lihat bagaimana aliran selokan di rumah anda, bagaimana sampah dibuang di sekitar anda, apakah ada tetumbuhan yang cukup untuk menciptakan paru-paru di wilayah anda, apakah udara bersih dan tidak terpolusi asap knalpot.  Lihatlah manusia-manusia yang tinggal di lingkungan rumah anda -  termasuk diri anda sendiri.  Bagaimana keadaan tanah, mencerminkan bagaimana keadaan penghuni yang menduduki tanah itu!

B3           berubahlah, bertobatlah.  Mari menjadi penguasa tanah yang bijak.  Jangan kekanak-kanakan, yang buang sampah sembarangan.  Biarkan bumi tempat anda tinggal menjadi berbahagia dan jangan merana.


Sabtu
Kejadian 1:11-13, 24;  2:7, 19
Anda berhutang pada bumi ini

B2           Dari unsur apakah manusia itu dibuat?  (2:7)
Dari unsur apakah binatang hutan dan burung-burung dibuat?  (2:19)
Dari unsur apakah tumbuh-tumbuhan muncul?  (1:11-12)

Allah adalah Pencipta segala sesuatu.  Dalam karya penciptaan-Nya, Allah bisa mencipta dari sesuatu yang sebelumnya tidak ada sama sekali (misalnya saat mencipta langit dan bumi, Kej 1:1) namun bisa juga mencipta sesuatu yang baru melalui sesuatu yang sudah ada sebelumnya.
Ketika Allah mencipta tumbuhan, Allah menggunakan bumi ini untuk memunculkan tumbuh-tumbuhan itu.  Ketika Allah mencipta binatang hutan dan burung-burung, Ia kembali menggunakan unsur bumi ini. 
Demikian pula yang Allah lakukan ketika akan membentuk manusia.  Allah membentuk dari debu tanah, sebelum menghembuskan nafas kehidupan.
Betapa eratnya kehidupan semua mahluk di bumi ini dengan bumi tempat ia berpijak.  Bumi bukan hanya tempat berpijak, tempat mencari makan, namun rupanya adalah asal muasal segala mahluk hidup.  Melalui bumi ini, Allah mencipta, membentuk, dan menjadikan tumbuhan, binatang, bahkan manusia.

B3           Mungkin anda biasanya tidak punya perasaan tertentu terhadap bumi dan lingkungan alam ini.  Sekarang, ambillah waktu tenang sejenak bersama dengan alam ini.  Pandanglah langit biru atau tumbuhan hijau, rasakan tanah yang disentuh oleh kaki anda, rasakan angin yang mengusap lembut kulit anda, dan hiruplah dalam-dalam udara di sekitar anda.  Apakah anda memiliki perasaan tertentu atas alam ciptaan Tuhan ini?


Minggu
Kejadian 1:29-31, 2:8-14
Alam yang bersahabat

B2           Apakah yang direncanakan Tuhan atas seluruh tumbuhan bagi manusia?  (1:29)
Di manakah manusia ditempatkan Allah?  (2:8)
Apa sajakah yang ada di taman itu?  (2:9-14)
Inilah rancangan Allah yang semula:  seluruh alam semesta ini diciptakan untuk manusia.  Allah tidak perlu langit dan bumi, manusia-lah yang perlu.  Enam hari penciptaan dilakukan Allah untuk mempersiapkan penciptaan manusia.  Mengapa ada langit dan bumi dan segala isinya?  Untuk manusia bisa hidup di dalamnya! Allah merancang bumi ini untuk melayani manusia!
Demikian sebaliknya, manusia yang telah dilayani bumi ini harus memelihara, mengelola, dan merawatinya agar bumi ini tetap dapat berfungsi dengan baik.  Sama seperti kita memelihara motor kita agar berfungsi dengan baik untuk melayani kita.
Inilah persahabatan antara manusia dan bumi: bumi melayani manusia, manusia memanfaatkan dan menjaganya.

B3           Apakah yang telah anda lakukan untuk menjaga persahabatan kita dengan alam lingkungan ini?  Pikirkan langkah praktis namum penting untuk memelihara dan menjaga bumi dan alam ini!

GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top