Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4


Senin,
Menaklukan diri kepada pemerintah (Rom 13:1-2)
B2.
Siapa saja yang harus menaklukan dirinya kepada pemerintah? Mengapa kita harus takluk pada pemerintah?
Pengajaran:
Siapa saja yang menjadi warga negara Indonesia, tidak peduli dari golongan ekonomi, suku, dan agama, Alkitab menegaskan untuk menaklukan diri kepada pemerintah. Istilah “Tiap-tiap orang…” menegaskan bahwa tidak ada golongan yang istimewa yang lebih tinggi dari pemerintah dan yang boleh mengontrol pemerintah. Mayoritas yang dalam bentuk apapun tidak boleh menganggap bahwa mereka punya kuasa seperti pemerintah yang berkuasa. Mengapa? Istilah “pemerintah” (KJV: The higher powers) berasal dari kata Yunani: ex-oo-se’-ah  mempunyai arti perkataan kuasa yang mengikat secara hukum. Maksudnya, pemerintah mempunyai kuasa dan wewenang untuk membuat hukum yang mengikat, menjalankan hukum, bahkan menegakan hukum tanpa pandang bulu. Jelas, kuasa hukum mereka bukan berasal dari rakyat yang memilih atau dari dirinya sendiri melainkan dari ketetapan Allah melalui MPR. Melawan pemerintah berarti melawan Allah.
B3.
Sekalipun pemerintah ditetapkan oleh Allah namun bukan berarti pemerintah Indonesia sempurna dalam segala hal. Mari kita tanggapi dan kritisi pemerintah dengan cara yang sopan dan hormat, bukan dengan sumpah serapah. Jangan melemahkan pemerintah dengan membangun opini dan fitnah yang tidak sesuai dengan fakta.


Selasa,
Pujian dari pemerintah (Rom 13:3)
B2.
Bilamana seorang warga negara tidak perlu takut sama pemerintah? Dan bilamana seorang warga negara menjadi takut dengan pemerintah? Dan apa yang pemerintah harus lakukan bagi warga ang berbuat baik?
Pengajaran:
Pemerintah walaupun punya kuasa yang besar dalam menegakan hukum yang tanpa bulu namun pemerintah juga diberikan kuasa oleh Alah untuk memberikan penghargaan dan pujian kepada warga negara yang berjasa kepada negara. Itulah sebabnya, pahlawan, penggerak lingkungan hidup, dan apapun namanya yang memberikan kontribusi bagi kebaikan masyarakat dan negara harus diperhatikan dan diberikan tanda penghargaan oleh pemerintah Indonesia. Penghargaan yang diberikan itu harus dilihat bukan semata-mata dari pemerintah kepada warganya tetapi dari Allah kepada manusia karena pemerintah diangkat dan ditetapkan oleh allah. Adalah sangat baik untuk setiap warga negara Indonesia, terlebih-lebih orang Kristen di Indonesia, untuk berlomba-lomba melakukan sesuatu yang mendatangkan kemajuan dan keharuman negara Indonesia. Sekalipun pemerintah terbatas untuk memberikan penghargaan kepada semua warga negara namun Allah tidak terbatas. Berbuat baiklah bukan semata-mata karena pemerintah tetapi karena Allah.
B3.
Mari doakan untuk warga negara Indonesia yang sedang melakukan pengembangan dan penajaman ilmu, seperti: Prof. DR. Yohanes Surya (bidang Fisika) dll.


Rabu,
Pedang pemerintah (Rom 13:4)
B2.
Mengapa orang yang berbuat jahat harus takut sama pemerintah? Mengapa pemerintah disebut sebagai hamba Allah?
Pengajaran:
Tidak ada pemerintah yang ada di dunia adalah pemerintah yang sempurna dalam kebaikan kepada warga negara. Namun demikian Allah tetap mengangkat mereka dengan tujuan kebaikan negara dan warganya. Tidak ada pemerintah yang diangkat hanya untuk menghancurkan negaranya sendiri walaupun mereka bisa salah. Salah satu kebaikan yang keluar dari kuasa pemerintah adalah untuk melindungi setiap warga negara dari kejahatan yang dibuat oleh warga negara yang lain. Dalam hal perlindungan yang diberikan oleh pemerintah kepada rakyatnya dan dalam rangka menegakkan hukum maka pemerintah diberi kuasa oleh Allah untuk menggunakan senjata lewat aparat penegak hukum untuk memberantas kejahatan, dan diberikan kuasa untuk menggunakan senjata melindungi rakyat dari intervensi penjajahan. Pemerintah adalah hamba Allah yang dengan taat menyalurkan murka Allah kepada yang berhak menerima murkanya, yaitu mereka yang melanggar hukum dan melawan pemerintah. Allah akan melakukan pembalasan atas kejahatan dengan atau tanpa pemerintah. Hendaklah setiap warga negara Indonesia takut bukan hanya kepada pemerintah tetapi juga kepada Allah.
B3.
Mari kita dukung dengan doa kepad aaparat pemerintah yang secara khusus berkaitan langsung dengan penegakan hukum: Jaksa dan kepolisian.


Kamis,
Suara hati (Rom 13:5)
B2.
Mengapa setiap warga negara diminta untuk menaklukan diri kepada pemerintah karena suara hati juga?
Pengajaran:
Memang Allah dapat menyalurkan murkanya kepada mereka yang berbuat jahat melalui apara-aparat yang bersenjata dan yang punya wewenang untuk menangkap. Namun dengan jumlah dan keterbatasan aparat sudah tentu tidak akan dapat memberikan perlindungan yang menjangkau bagi semua warga negara. Dan karena keterbatasan itu maka Allah memberikan suara hati sebagai “hakim” dan “jaksa” yang menuntut dengan tekanan batin dan ketiadaan damai. Dan suara hati adalah “ aparat yang bersenjata”yang tidak terlihat yang Allah berikan kepada semua warga negara untuk menegakan  hukum dan melindungi yang lain. Dengan demikian, seharusnya setiap warga negara Indonesia takut untuk berbuat jahat bukan hanya karena aparat penegak hukum seperti Polisi, KPK, Jaksa, Hakim dan Petugas yang lain tetapi juga karena suara hati. Aparat tidak selalu ada di setiap tempat dan waktu tetapi suara hati selalu ada untuk melindungi kebaikan dan menegakan hukum. Warga negara yang berbuat jahat bisa saja bersembunyi dari dan mengelabui aparat penegak hukum namun mereka tidak bisa bersembunyi dari dan mengelabui suara hatinya sendiri serta Allah.
B3.
Taatilah suara hatimu yang bekerja dan bersuara dengan keras ketika Anda melanggar hukum yang tidak bisa didikteksi oleh aparat. Jangan padamkan suara hatimu.



Jumaat,
Pajak bagi negara (Rom 13:6-7)
Mengapa setiap warga negara harus membayar pajak jika dilihat dari ayat 4-5? Dan mengapa harus membayar pajak jika dilihat dari ayat 6-7?
Pengajaran:
Pemerintah memang diberikan kuasa oleh Allah untuk mengelola keuangan negara yang diperoleh lewat pajak dari setiap wraga negara. Pemerintah memang diberikan kuasa senjata untuk memaksa setiap warga negara yang tidak patuh membayar pajak yang telah ditetapkan. Namun, Firman Tuhan menegaskan agar setiap warga negara membayar pajak bukan karena takut dihukum tetapi karena sikap yang menghormati pemerintah. Di tegaskan bahwa pemerintah adalah pelayan-pelayan Allah itu berarti uang negara yang diperoleh lewat pajak  bukan milik pribadi tetapi milik dan hak Allah untuk digunakan bagi kebaikan warga negara melalui pemerintah  dengan menyalurkannya buat pembangunan segala infrastuktur agar rakyat menerima kebaikan dan keuntungannya.  Sebagai pelayan Allah, pemerintah harus menggunakan wewenang penarikan pajak hanya bagi kebaikan yang lebih besar dan merata bagi seluruh warga negara Indonesia.
B3.
Bayarlah pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bayarlah dengan jujur!



Sabtu,
Doakanlah pemerintah dan semua pejabatnya (1 Tim 2:1-3)
B2.
Siapa yang dimaksud dengan “semua orang” yang harus didoakan dan disyafaatkan? Mengapa mereka perlu didoakan?
Pengajaran:
Pejabat dan penguasa di pemerintahan adalah posisi yang yang akan terus digoyangkan. Sejarah negara dan bangsa-bangsa membuktikan bahwa tidak ada pemerintah yang kebal terhadap serangan dan goyangan. Bayangkan jika suatu negara akan kehilangan pemerintahannya! Negara akan kacau, tidak akan kebaikan, dan bisa terjadi peperangan serta banyak pembunuhan yang lebih banyak dari sebuah negara yang tidak ada pemerintah. Tidak ada pemerintah yang sempurna namun lebih baik ada pemerintah daripada tidak ada sama sekali. Itulah sebabnya setiap warga negara, khususnya orang-orang Kristen, harus mendoakan pemerintah agar tetap tegak demi ketenangan dan ketentraman bagi warga negara itu sendiri. Berdoalah dengan sikap yang saleh dan penuh hormat kepada pemerintah. Bukan doa yang bertujuan untuk menghancurkan pemerintah melainkan membuat pemerintah agar lebih baik dalam kepemimpinannya. Berdoa buat pemerintah dan pejabatnya adalah kehendak Allah, dan cara hidup yang diperkenan oleh Alah.
B3.
Berdoalah untuk pemerintah Indonesia agar diberikan hikmat dan bijaksana untuk menjalankan roda pemerintahan. Doakan mereka agar menjauhkan korupsi.



Minggu,
Pemerintah yang kokoh (Amsal 16:12)
B2.
Hal apa yang membuat pemerintah menjadi kokoh dalam posisinya sebagai penguasa?
Pengajaran:
Hal yang paling berbahaya buat kekuatan pemerintah menjadi rapuh oleh karena pemerintah yang tidak menindak kejahatan. Seorang raja (pemerintah) akan menjadi kuat dan dicintai oleh rakat dengan bersikap tegas dan tidak pandang bulu terhadap kejahatan yang dilakukan oleh siapapun. Pemerintah yang tidak menegakan keadilan akan kehilangan kepercayaan dari rakyat sehingga kehilangan legitimasi dalam kepemimpinan. Namun, yang lebih jauh pemerintah bukan saja bertugas menegakan keadilan atas kejahatan tetapi juga berbuat kebenaran. Pemerintah wajib untuk berbuat baik kepada rakyat yang miskin, terhadap mereka yang miskin dalam pendidikan, dan terhadap rakyat yang sering mengalami kesulitan birokrasi. Berbuat kebenaran bertujuan bukan hanya untuk kejahatan diteka tetapi kebaikan buat rakyat semakin besar.
B3.
Berdoalah buat pemerintah agar para pejabatnya tegas terhadap kejahatan (korupsi) dan benar dalam emnyalurkan kebaikan buat rakyatnya.   

GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top