Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4


Senin, 3 September 2012
“Itu Rahasia”
Filipi 3:17

B2
1.         Apa yang diminta Paulus kepada jemaat di Filipi?
2.         Mengapa hal itu penting?

Banyak orang membuat kesalahan dengan berpikir bahwa yang dibutuhkan seseorang agar bertumbuh secara rohani adalah firman Tuhan dan doa. Tetapi yang benar adalah kita membutuhkan orang yang menolong kita menjadi dewasa. Karakter seperti Kristus dibangun melalui hubungan, bukan isolasi. Ada banyak hal tentang kehidupan yang Tuhan ingin kita pelajari dan tidak dapat dipelajari sendirian. Di dalam komunitas kita dapat belajar. Di dalam komunitas pula kita akan saling menjadi teladan satu dengan yang lainnya. Itu rahasia tubuh Kristus yang hanya dapat dinikmati oleh orang percaya.

B3
Apa teladan rohani yang Anda terima dari teman Komsel Anda? Sebutkan dalam doa dan ucapkan syukur kepada Tuhan atas teladan tersebut!

***

Selasa, 4 September 2012
“Tunjukan
Dan Katakan”
Filipi 4:9

B2
1.         Apa saja yang telah diterima oleh jemaat di Filipi?
2.         Apa yang menjadi dorongan Paulus terhadap apa yang telah mereka terima daripadanya?
3.         Mengapa dorongan itu begitu penting?

Paulus adalah "Alkitab yang hidup" yang menggambarkan hidup Yesus melalui Dia, "Firman itu telah menjadi manusia dan tinggal di antara kita" (Yohanes 1:14). Ketika tinggal di antara jemaat, Paulus hidup sesuai dengan kebenaran firman. Setelah Paulus meninggalkan Filipi, ia menulis surat kepada mereka (Filipi 4:9) untuk meniru dan melakukan apa yang telah mereka terima. Ia menekankan, sebagai orang percaya janganlah hanya ini dan itu melalui perkataan tetapi lakukanlah. Jangan menuntut orang lain menjadi teladan, tetapi jadilah teladan bagi orang lain sekalipun belum sempurna.

B3
Dalam hal apakah Anda dapat menjadi teladan bagi orang lain? Ucapkan syukur kepada Tuhan secara pribadi melalui doa pada hari ini!

***

Rabu, 5 September 2012
“Anda Perlu Mentor”
1 Korintus 11:1

1.         Makna apa yang terkandung dari perkataan Paulus, "Ikutilah teladanku..."?
2.         Mengapa "mengikuti" disini menjadi penting dalam pertumbuhan rohani? 

Orang percaya tidak hanya membutuhkan teladan untuk bertumbuh, melainkan juga membutuhkan mentor. Seorang mentor adalah orang yang telah lama mengikuti Yesus dibandingkan dengan yang lain, serta dapat menunjukkan teladan dalam hidup mereka. Adalah bijak belajar dari pengalaman sendiri, tetapi lebih bijaksana belajar dari pengalaman-pengalaman orang percaya lainnya. Hidup ini terlalu singkat untuk belajar dari pengalaman sendiri. Beberapa pengalaman yang menyakitkan, merugikan, dan bahkan menjatuhkan dapat dihindari jika orang percaya cerdas untuk belajar dari mentor yang ada di dalam Komsel atau gereja.

B3
Tuliskanlah nama-nama orang di Komsel ata
u gereja Anda, dimana Anda ingin mengikuti teladan rohani mereka karena mereka memiliki kekuatan rohani yang tidak Anda miliki! Identifikasikanlah, apa yang akan Anda ikuti dari mereka dan jadilah pengikut mereka selama beberapa bulan ke depan.

***

Kamis, 6 September 2012
“Mengajar Itu Bukan Mitos”
Kolose 3:16a

B2
Apa yang diminta oleh Paulus untuk mereka lakukan setelah
mereka menyimpan perkataan Kristus? 

Adalah benar orang percaya menyimpan firman Tuhan dalam pikiran dan hati. Namun, lebih benar jika dipakai untu
k menegur dan mengajar. Firman Tuhan tidak hanya untuk diri sendiri. Ketika orang percaya membagi berkat yang mereka dapat dengan menceritakan dengan bahasa yang sederhana bukan bahasa khotbah; ketika orang percaya memberi nasihat dari pengalaman pribadinya bersama dengan Tuhan; ketika orang percaya mengajak kelompok sel berdoa dalam situasi krisis; semuanya itu menunjukkan bahwa orang percaya sedang mengajar. Mengajar bukan mitos, bukan pula semata-mata dimiliki oleh mereka yang memiliki karunia mengajar atau lulusan sekolah teologia. Selama bisa menyimpan firman Tuhan, maka semua orang bisa mengajar!

B3
Identifikasikanlah
, satu atau beberapa hal yang perlu dibangun dari rekan-rekan Komsel Anda. Ajarkanlah apa yang harus mereka pelajari dari Anda selama 2 hari ke depan.

***

Jumat, 7 September 2012
“Jangan Jadi Bodoh”
Amsal 12:15

B2
Mengapa ada oran
g yang disebut sebagai orang bodoh sementara ada juga yang disebut sebagai orang bijak?

Raja Salomo dikenal dalam Alkitab sebagai oran
g paling berhikmat yang pernah hidup. Salah satu hikmat yang mengalir lewat tulisannya adalah, hindarilah menjadi orang bodoh dengan merasa diri benar dan hebat, tetapi jadilah bijak dengan aktif meminta nasihat. Jika orang percaya ingin merancang masa depan pertumbuhan rohani, merancang pekerjaan ke depan, merancang bisnis yang benar, merancang pelayanan, merancang penyelesaian masalah, merancang pernikahan dan berbagai rancangan lain, maka dengarkanlah nasihat Salomo: "Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak" (Amsal 15:22).

B3
Apakah Anda sedang merancang sesuatu? Hal apa yang sedang Anda rancang? Identifikasikanlah orang-orang percaya yang kompeten dan berpengalaman sesuai dengan rancangan Anda. Sangat baik jika lebih dari satu orang percaya yang dapat Anda pilih. Jangan lupa libatkan istri atau suami sebagai penasihat!

***

Sabtu, 8 September 2012
“Jangan Ambil Alih”
1 Korintus 14:30-31

B2
Mengapa harus ada yang berdiam diri sementara yang lain melayani?

Selain keluarga jasmani, Komsel merupakan sekolah rohani terbaik. Di dalam Komsel ada kesempatan yang luar biasa bagi setiap anggota untuk mengembangkan ketrampilan sebagai seorang pemimpin dan guru. Tetapi, hal tersebut tidak dapat terjadi jika kita mengabaikan prinsip: ada yang melayani dan ada yang berdiam diri. Yang dimaksud "berdiam diri" adalah jangan mengambil alih pelayanan orang yang sedang melayani, dan bukan sikap pasif dalam Komsel. Biarlah setiap orang percaya dalam Komsel bergiliran untuk memimpin: bergiliran menjadi pengajar, memimpin doa, kesaksian, pelayanan besuk, sharing firman maupun pujian sementara yang lain aktif mendukung.

B3
Mintalah maaf kepada anggota komsel Anda kalau And
a selalu mengambil alih pelayanan di Komsel. Sebaliknya, mintalah maaf kalau Anda menjadi orang yang pasif dalam pelayanan di Komsel (Anda menolak untuk memimpin). Saling beri pujian ketika ada rekan Komsel yang sudah melakukan tugas memimpin dengan baik walaupun masih ada kekurangan.

***

Minggu, 9 September 2012
“Saling Mendoakan”
Kolose 4:2-3

B2
Apa yang dimaksudkan dengan "berjaga-jaga" yang dikaitkan dengan "berdoalah untuk aku"?

Banyak pelayanan yang dibatasi oleh waktu dan tempat. Jika seseoran
g dibatasi oleh waktu dan tempat dalam memimpin pujian, maka lain halnya dengan berdoa. Seorang percaya bisa berdoa di Komsel. Namun, di waktu dan tempat yang lain, bisa saja seorang percaya mendoakan dan didoakan oleh teman Komselnya meski tidak bertatap muka.
Doa melintasi waktu dan tempat. Doa merupakan pengikat rohani paling kuat dalam Komsel. Doa juga merupakan pelindung rohani yang hebat bagi teman Komsel Anda. Kadangkala pelayanan doa tidak dilihat secara langsung. Tetapi, dampaknya sungguh signifikan. Orang-orang yang berada di belakang layar merupakan kunci kesuksesan dari orang-orang yang berada di atas panggung. Jika Paulus saja butuh didoakan (dengan meminta didoakan), apalagi orang percaya yang tidak sehebat Paulus sebagai Rasul Kristus. 

B3
Hari ini dan seterusny
a, jadikan diri Anda sebagai pendoa syafaat bagi orang-orang percaya lainnya. Anda juga bisa datang kepada rekan Komsel Anda untuk minta didoakan mengenai hal-hal khusus. Jangan sampai tidak saling mendoakan!

***

GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top