Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4


Senin, 15 Oktober 2012

Ayat hari ini: Amsal 3:3-6
Kalungkanlah Kasih dan Kesetiaan

B2

Apakah perintah firman Tuhan hari ini untuk anda? Mengapa dan bagaimana kita harus mempraktekkannya?
Siapakah yang akan mendapatkan kasih dan penghargaan dari Tuhan dan manusia?

Setiap orang ingin dikasihi dan dihargai. Banyak orang mencari kasih dan penghargaan dengan cara yang salah. Banyak orang berusaha dengan mengejar tahta dan kekayaan hanya karena ingin dikasihi dan dihargai orang lain. Bahkan ada beberapa orang yang rela berlaku 'aneh' agar dikasihi (diperhatikan) dan dihargai orang lain.

Firman Tuhan hari ini mengajarkan kita bahwa dengan memelihara kasih dan kesetiaan, maka kita akan memperoleh kasih dan penghargaan dari Tuhan dan sesama kita. Orang yang memelihara kasih dan kesetiaan adalah orang yang berkomitmen untuk mengasihi walau dalam keadaan apapun. Kedua hal ini haruslah melekat dalam hidup kita dimanapun dan kapanpun. Apabila anda ingin menjadi orang yang bahagia, mulailah mengasihi, bukan mencari-cari kasih dan penghargaan dari orang lain. 

B3 

Sudahkah anda memelihara kasih dan kesetiaan dalam hidup anda? Apakah selama ini anda telah menunjukkan kasih dan kesetiaan anda terhadap komsel anda? Mintalah pendapat dari satu orang di komsel anda mengenai kasih dan kesetiaan yang anda miliki!
Selasa, 16 Oktober 2012

Ayat hari ini: 1 Korintus 1:10
Seia Sekata

B2

Hal apakah yang menyebabkan terjadinya perpecahan?
Menurut anda apakah definisi dari sehati sepikir?

Seringkali perpecahan terjadi karena banyak orang percaya tidak memiliki nilai yang sama. Dalam nilai-nilai kebenaran kita haruslah seia sekata. Setiap kita memiliki perbedaan dan tidak dapat lari dari keadaan tersebut. Setiap komunitas pastilah terdiri dari orang-orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda. 

Kesamaan nilai kebenaran yang kita miliki akan membantu kita dalam mengatasi setiap perbedaan yang ada. Kita akan terhindar dari perpecahan jika kita memiliki nilai yang sama (seia sekata). Seperti kereta api yang memiliki gerbong yang berbeda-beda, tetapi tetap terikat dan berjalan dalam rel yang sama, begitu pula nilai-nilai kebenaran akan menjadi rel yang menjaga dan kesehatian akan mengikat komunitas kita untuk selalu mengarah kepada tujuan kita dalam berkomunitas. 

B3

Buatlah catatan mengenai nilai-nilai apakah yang anda miliki bersama dalam komunitas sel anda? Sudahkah anda mempraktekkannya? 

Rabu, 17 Oktober 2012

Ayat hari ini: 1 Korintus 13:1-2
Kasih melebihi segalanya

B2

Apakah karunia penting dalam komunitas anda?
Menurut firman Tuhan yang anda baca, manakah lebih penting karunia ataukan kasih?

Karunia dan kasih adalah hal penting yang akan membangun persekutuan kita dengan sesama. Kita melayani sesama melalui karunia dan didasari oleh kasih. Akan tetapi karunia tanpa kasih tidaklah bermanfaat. Karunia diberikan untuk memberkati orang lain, bukan diri sendiri. Karunia Tuhan berikan untuk kepentingan bersama. Itulah tujuan dari karunia yaitu agar kita saling mengasihi dengan menggunakan karunia yang beragam yang dimiliki oleh setiap kita untuk memberkati orang lain. 

Karunia sehebat apapun, apabila tidak didasari oleh kasih tidaklah bermanfaat. Kasih haruslah menjadi dasar dalam kehidupan kita, agar setiap karunia yang kita miliki berdampak bagi orang lain. Tanpa kasih kita menjadi orang yang tidak berguna dalam komunitas kita. Mulailah mengasihi karena komunitas anda membutuhkan anda. 

B3

Pikirkanlah sumbangsih apa yang telah anda berikan kepada komunitas anda dan ambillah komitmen untuk membangun kasih menjadi dasar dalam kehidupan anda!

Kamis, 18 Oktober 2012

Ayat hari ini: Amsal 14:29
Besar Pengertian

B2

Apakah tanda orang yang sabar?
Siapakah orang yang bodoh?

Kesabaran adalah karakter yang penting untuk dibangun dalam komunitas kita. Orang yang sabar besar pengertiannya. Setiap kita dalam persekutuan dengan sesama orang percaya pastilah menghadapi konflik dan perbedaan. Saling mengerti satu sama lain merupakan faktor yang penting dalam komunitas kita. 

Sabar merupakan usaha untuk saling mengerti satu sama lain. Semakin kita mengerti satu sama lain, membuat kita semakin sabar seorang terhadap yang lain. Kita harus membangun kemampuan untuk mengerti orang lain, karena kemampuan kita untuk mengerti satu sama lain merupakan tanda kesabaran.

B3

Sudahkah anda saling mengerti satu sama lain dalam komunitas anda? Mulailah berkomitmen untuk sabar, jangan tergesa-gesa, lakukankah tindakan ketika anda telah mengerti situasi dan kondisi yang dialami setiap orang yang kita hadapi!
Jumat, 19 Oktober 2012

Ayat hari ini: 1 Korintus 13:4
Kasih itu Sabar

B2

Menurut anda, apakah arti dari ungkapan "kasih itu Sabar"?
Menurut anda, kapankah anda harus mempraktekkan kesabaran?

Kesabaran merupakan ciri khas dari seseorang yang hidup di dalam kasih. Kasih bukanlah sesuatu yang tidak terlihat. Jika kasih tidak terlihat atau hanya di dalam hati saja itu bukanlah kasih yang sesungguhnya atau barulah berupa niat untuk mengasihi. Allah telah mengasihi kita dan kita telah merasakam bahwa kasih itu nyata dan hidup dalam hidup kita.

Kasih kita terhadap sesama akan teruji justru bukanlah hanya pada saat senang maupun bahagia. Siapa kita justru akan terlihat jelas pada saat sedang mengalami konflik, masalah, dan pergumulan yang berat dalam komunitas. Kesabaran kita akan menentukan seberapa besar kasih kita terhadap sesama. 

B3

Ketika anda mengalami masalah dan pergumulan dalam komunitas anda, apakah anda bersikap dengan sabar? Tanyakan kepada seseorang dalam komunitas anda, apakah anda termasuk orang yang sabar? Mintalah mereka untuk mendoakan anda agar anda bertumbuh dalam kesabaran!

Sabtu, 20 Oktober 2012

Ayat hari ini: Roma 14:1-10
Janganlah menghakimi!

B2

Bagaimanakah reaksi pribadi anda ketika anda melihat atau menemukan perbedaan dalam komunitas anda?
Apakah nasihat firman Tuhan yang anda baca hari ini dalam menanggapi setiap perbedaan yang ada?

Ketika kita melihat ada orang yang lemah imannya dan ia belum dapat mempraktekkan firman Tuhan secara radikal, kita tidak boleh menghakimi mereka. Kita harus menerima mereka karena Allah telah menerima mereka apa adanya. Allah tidak membenarkan dosa yang mereka lakukan atau hal yang belum dapat mereka lakukan, tetapi Allah menerima pribadi mereka apa adanya.

Janganlah juga kita menganggap rendah orang-orang yang lemah imannya. Menghina, menganggap rendah, dan menghakimi orang lain bukanlah ciri dari kasih yang akan membangun komunitas anda. Setiap orang dalam komunitas kita pastilah memiliki kedewasaan iman yang berbeda-beda. Ketika kita menemukan perbedaan ini, tanggapilah dengan kasih, bukan penghinaan, penghakiman, dan penolakan, karena Allah telah menerima mereka.

B3

Bagaimanakah sikap anda terhadap orang-orang yang lemah imannya? Jika anda sering menghina dan menghakimi orang yang lemah imannya, bertobatlah! Kita harus menerima mereka seperti Allah menerima mereka.

Minggu, 21 Oktober 2012

Ayat hari ini: Amsal 18:13
Mendengar Sebelum Memberi Jawab

B2

Kebenaran apakah yang anda dapatkan dari firman Tuhan yang anda baca hari ini?
Ketika seseorang dalam komunitas kita sedang berbicara atau mensharingkan sesuatu, bagaimanakah seharusnya sikap kita?

Mendengar adalah ciri dari orang bijak. Mendengar merupakan pemberian yang paling sederhana namun sangat berarti bagi sesama kita. Setiap orang ingin didengarkan. Bukan hanya sekedar didengar, tetapi didengarkan dengan penuh perhatian. Ini merupakan langkah praktis untuk belajar menjadi sabar. Ketika ada konflik atau permasalahan, dengarkanlah pendapat orang lain terlebih dahulu agar anda dapat menyelesaikan konflik tersebut. Yang terpenting bukanlah menang dalam berargumentasi, tetapi kasih menjadi nyata di tengah konflik yang sedang berlangsung. 

Begitu juga ketika seseorang sedang mensharingkan sesuatu, seringkali kita tidak dapat memberi jawabah atas masalah mereka, tetapi kita dapat menjadi pendengar yang baik bagi sesama. Untuk itulah Allah memberikan dua telinga dan satu mulut untuk mengingatkan kita bahwa kita harus lebih mendengar daripada berbicara.

B3

Sudahkah anda mendengar dengan seksama sharing atau pendapat orang lain dalam komunitas anda? Jika sekarang anda sedang berada dalam konflik dengan sesama, maukah anda mempraktekkan firman Tuhan hari ini? 





GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top