Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4


5B – “MENDOAKAN DUNIA”


Senin, 26 November 2012
Allah yang Mendengarkan
Mazmur 65

B2
Mengapa kita harus berdoa kepada Allah (ayat 3-6)? Apa hubungan kedaulatan Allah dan doa kita (ayat 7-14)?

Pernahkah Anda berbicara dengan seseorang yang sama sekali tidak menaruh perhatian pada Anda? Tentu sangat menyebalkan. Saya pernah memesan makanan kepada seorang pelayan restoran. Namun, ia sama sekali tidak konsentrasi mendengarkan pesanan saya karena ia sibuk melayani beberapa meja sekaligus. Akibatnya, makanan yang keluar sama sekali berbeda dengan pesanan saya. Rasanya percuma saya bicara sama dia.

Tidak demikian dengan Allah kita. Dia adalah Allah yang mendengarkan semua doa kita. Dia menjawab semua doa kita menurut kehendak dan kedaulatan-Nya. Artinya, mungkin saja jawaban-Nya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Namun, jawaban-Nya pasti yang terbaik bagi kita. Berdoa kepada Allah yang hidup dan peduli adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. Allah tidak pernah terlalu sibuk seperti sang pelayan restoran sampai Dia tidak mendengarkan atau salah menjawab doa kita.

B3
Peganglah baik-baik dalam iman kita bahwa Allah kita mendengarkan dan menjawab semua doa kita.

******

Selasa, 27 November 2012
Doa Orang Benar
Amsal 15

B2
Apa perbedaan antara orang bijak (berakal budi) dengan orang bebal? Apa maksudnya Allah mendengarkan doa orang yang benar (ayat 29)?

Bila ada dua anak kecil datang kepada Anda untuk meminta sesuatu. Yang pertama adalah anak kandung Anda. Yang kedua adalah anak orang lain yang tidak Anda kenal. Kira-kira manakah yang pertama-tama Anda dengarkan? Pastilah anak sendiri. Demikian pula dengan Allah. Dia pasti lebih mendengarkan doa anak-anak-Nya sendiri.

Firman Tuhan dengan jelas dan tegas menyatakan bahwa Allah memprioritaskan doa orang yang benar. Hal ini wajar, karena orang benar itu senang mengejar kebenaran yang merupakan karakter dari Allah (ayat 9). Selain itu, orang benar tidak memiliki keinginan yang busuk atau bulus. Dia tulus dan jujur dalam mengharapkan sesuatu (ayat 8). Orang benar juga melandasi doanya pada hati yang takut dan menghormati Allah (ayat 33).

B3
Bila Anda adalah seorang anak Allah, sadarkah bahwa Anda memiliki hak istimewa untuk menghampiri hadirat Bapa surgawi di dalam doa? Bila Anda malas berdoa, Anda sedang merendahkan kedudukan Anda sendiri sebagai anak-Nya.

******

Rabu, 28 November 2012
Bersyafaat Bagi Pemerintah
1 Timotius 2

B2
Apa yang dinasihati oleh Rasul Paulus (ayat 1-4)? Apa yang dimaksud Yesus sebagai Pengantara antara kita dan Allah (ayat 5-6)?

Kita tidak perlu diajari untuk mengkritik pemerintah. Kita dengan mudah menyampaikan ketidakpuasan terhadap pemerintah bila mereka bekerja tidak sesuai harapan kita. Sewaktu, pemerintah terjerat kasus korupsi dan tidak tegas memberantasnya, kita dengan cepat mengekspresikan kemarahan dan keluhan. Namun, apakah kita rajin dan setia mendoakan pemerintah kita?

Firman Tuhan mendorong kita untuk senantiasa mendoakan pemerintah di atas kita. Tujuannya adalah supaya mereka dapat menyelenggarakan roda pemerintahan dengan bijaksana serta menghadirkan ketenangan dan ketentraman bagi rakyat. Pemerintah yang baik adalah rahmat Allah bagi seluruh warganya. Itu sebabnya, kita perlu mendukung pemerintah dengan doa kita.

B3
Sudahkah Anda rajin mendoakan pemerintah Indonesia atau pemerintah di lingkungan terdekatmu (RT, RW, Kelurahan)? Belajarlah mengingat mereka di dalam doamu!

******

Kamis, 29 November 2012
Bersyafaat Bagi Kota
Yeremia 29

B2
Apa yang sedang dialami oleh bangsa Israel menurut teks ini? Apa yang menjadi perintah (ayat 4-7) dan janji Tuhan (ayat 11-14)?

Nabi Yeremia menyampaikan pesan ini kepada bangsa Israel yang sedang berada dalam pembuangan di negara musuh, Babel. Pembuangan ini akan berlangsung selama 70 tahun. Tampaknya, banyak orang Israel yang memilih untuk tidak melakukan apapun. Mereka tidak mau bekerja atau membangun kehidupan mereka karena mungkin ada nabi-nabi palsu yang menjanjikan bahwa Allah akan secepatnya menolong mereka (ayat 8-9).

Akan tetapi, Allah justru memerintahkan mereka supaya tidak berpangku tangan melainkan turun tangan membangun kehidupan mereka meskipun mereka tinggal di negara asing (ayat 5-7). Mereka harus mengusahakan kesejahteraan kota tempat mereka tinggal meskipun itu bukan tanah air mereka sendiri. Di mana pun mereka ditempatkan, mereka adalah umat Allah yangharus menjadi berkat bagi sesama.

B3
Kita juga adalah umat Allah di tengah kota Jakarta. Apakah kita sudah mendoakan dan memberkati kota ini melalui kehidupan dan karya kita?

******

Jumat, 30 November 2012
Berdoa Bagi Keselamatan
Roma 10

B2
Apa keinginan dan doa Rasul Paulus atas orang Yahudi (ayat 1)? Bagaimana supaya orang Yahudi dapat memiliki keselamatan di dalam Kristus (ayat 8-13)?

Sepanjang sejarah, kita menemukan begitu banyak usaha untuk menyingkirkan orang Yahudi. Peristiwa penumpasan orang Yahudi terakhir adalah holocaust yang dilakukan oleh pemerintah Nazi di pertengahan abad 20. Sekitar 6 juta orang Yahudi dibantai hidup-hidup dalam kamp konsentrasi yang sangat kejam. Tampaknya, banyak orang yang memusuhi orang Yahudi.

Tidak demikian dengan Rasul Paulus. Walaupun orang Yahudilah yang menjebak Yesus untuk disalibkan. Kerinduan Paulus bukanlah supaya mereka dibinasakan melainkan supaya mereka diselamatkan. Inilah kerinduan seorang yang dipenuhi kasih Allah. Bila kita seperti Paulus, kita pun akan mengharapkan yang baik terjadi pada musuh dikenan oleh Allah. 

B3
Apakah kita rajin mendoakan musuh-musuh Kristen yang suka merendahkan, mencemooh, dan menghancurkan iman Kristen?

******

Sabtu, 1 Desember 2012
Dia Berkuasa atas Bangsa-bangsa
Mazmur 96

B2
Apa yang seharusnya dilakukan oleh bangsa-bangsa kepada Tuhan dan Tuhan kepada bangsa-bangsa? Apa maksudnya Tuhan menghakimi bangsa-bangsa (ayat 10-13)?

Menurut data 2012, terdapat 196 negara independen di dunia ini. Adapun jumlah suku bangsa diperkirakan mencapai 250 juta macam! Dari semua negara dan suku bangsa itu masih ada yang belum pernah mendengar tentang Injil. Bahkan ada pula yang terang-terangan membenci dan menolak Kekristenan. Mereka melarang Kekristenan. Ada juga negara yang dikenal sebagai “negara Kristen” tapi sekarang sudah menjadi negara ateis dan sangat sekular.

Di tengah data seperti ini, kita mudah berkecil hati melihat masa depan Kekristenan di dunia. Namun, Firman Tuhan hari ini menegaskan bahwa Allah berdaulat atas semua bangsa. Allah memang mengizinkan untuk saat ini adanya negara-negara yang memusuhi Injil. Namun, akan tiba waktunya Dia akan datang kembali dan memerintah seluruh bangsa-bangsa. Semua bangsa pada akhirnya akan mengakui Raja dan Hakim mereka yaitu Tuhan Yesus!

B3
Bagaimana kebenaran Firman hari ini menolong Anda untuk terus berdoa bagi bangsa-bangsa di dunia ini?

******

Minggu, 2 Desember 2012
Sang Anak Manusia
Daniel 7

B2
Siapa yang dimaksud “Yang Lanjut Usianya” (ayat 9)? Siapa yang dimaksud “anak manusia” (ayat 13)?

Hari ini, kita memasuki Minggu Adven pertama. Kita mulai mempersiapkan diri kita untuk menyambut Natal. Tentu saja, semangat Natal bukanlah pesta melainkan mengingat peristiwa Inkarnasi Putra Allah yang menjadi sama dengan manusia. Akan tetapi, kita tidak hanya memperingati kedatangan Kristus yang pertama. Dalam Natal, kita juga mengingat bahwa Dia akan datang kembali kelak.

Daniel mendapatkan visi akan Anak Manusia yang akan datang ke dunia. Siapa Dia? Dia adalah Tuhan Yesus sendiri. Visi Daniel mengungkapkan bahwa Dia akan menerima kuasa untuk memerintah semua manusia (ayat 14). Fakta ini sangat mengharukan hati Daniel (ayat 15). Artinya, dunia ini tidak sedang menuju kehancuran yang total. Dunia ini justru menuju suatu akhir di mana Yesus akan datang keduakalinya serta memperbaharuinya menjadi tempat kediaman-Nya untuk selama-lamanya.

B3
Mari kita asah kerinduan kita akan kedatangan Tuhan Yesus keduakalinya di masa persiapan Natal ini (Adven)!


GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top