Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4

Pesan Gembala Ibadah Untuk Memasuki Masa PraPaskah
Oleh: GI. Jimmy Setiawan

Mulai tanggal 13 Februari 2013, umat Tuhan di seluruh dunia memulai masa PraPaskah. Inilah masa untuk menyadari, mengakui, dan meninggalkan dosa-dosa kita. Semangat pertobatan kembali ditumbuhkan selama sekitar tujuh minggu kedepan sampai Minggu Paskah.

Untuk menolong jemaat GKBJ Taman Kencana dalam melakukan pembersihan dan pembenahan diri, pemimpin gereja ini mencanangkantema besar sebagai fokus yaitu “DOSA-DOSA YANG DIMAKLUMI” (respectable sins). Istilah ini diambil dari buku Jerry Bridges dengan judul yang sama. Maksudnya adalah dosa-dosa yang selama ini kita anggap enteng sehingga kita menoleransi keberadaannya dalam hidup kita. Kita juga tidak lagi terganggu sewaktu melakukan dosa-dosa itu.

Selama beberapa Minggu, pelbagai contoh dosa ini akan dikupas melalui khotbah antara lain dosa pamer (17 Februari), dosa “memandang muka” atau “pilih kasih” (24 Februari), dosa “berbohong demi kebaikan” (3 Maret), dosa kikir (10 Maret), dan dosa keras kepala (17 Maret).

Selain seri khotbah, masa PraPaskah juga diisi dengan pelbagai ibadah khusus antara lain:

-          Ibadah Rabu Abu, 13 Februari, dengan tema “Masihkah Anda Peka Terhadap Dosa?” Dalam ibadah ini kita akan kembali menerima abu di kening kita sebagai suatu pengingatan bahwa kita adalah makhluk yang fana.

-          Ibadah Kamis Suci, 28 Maret, dengan tema “Roh Penurut Tapi Daging Lemah”.

-          Ibadah Jumat Agung, 29 Maret, dengan tema “Saat Neraka Terbungkam”. Dalam ibadah ini kita akan bersama-sama mengikuti Perjamuan Kudus.

-          Puncaknya pada Minggu Paskah, 31 Maret, dengan tema “Selalu Ada Harapan”.

Pemimpin juga mengajak seluruh jemaat untuk berpuasa bersama pada setiap hari Jumat (15, 22 Februari, 1, 8, 15, 22, dan 29 Maret). Totalnya ada 7 kali kita berpuasa korporat. Kita akan berpuasa dengan tidak mengkonsumsi makanan padat sama sekali (solid food) dari jam 08.00 pagi sampai jam 06.00 sore. Hanya diperbolehkan minum.

Biarlah melalui berita Firman, ibadah khusus, dan disiplin puasa selama masa PraPaskah ini, kita dihantar Tuhan menemukan apakah ada dosa-dosa seperti itu dalam kehidupan kita. Biarlah kita semakin tertantang untuk mengejar kekudusan yang ditandai dengan kita tidak lagi memaklumi dosa-dosa itu.

Selamat memasuki masa PraPaskah!

GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top