Slider[Style1]

Style2

Style5

Style4

(Kisah Para Rasul 1:8)
Dalam Mat 28:18-20, Tuhan Yesus mengutus dan berjanji akan menyertai kita sampai akhir zaman! Namun, jika Tuhan Yesus sudah naik ke surga, bagaimana Dia menyertai kita yang masih di bumi? Dia menyertai kita melalui Roh Kudus (Yoh 14:16). Kita perlu melihat bagaimana Karya Roh Kudus dan hukum 4K dalam penginjilan:

1.) Roh Kudus Memampukan AGEN penginjilan (Kis 4:31)
Dalam Kis 2:1-13 bercerita tentang turunnya Roh Kudus. Setelah Roh Kudus memenuhi para Rasul (Ay.14), Rasul Petrus berdiri di depan orang banyak dan mulai berkhotbah, melakukan KKR masal pertama. Siapakah Petrus? Dia adalah nelayan dari Galilea. Nelayan pada umumnya tidak berpendidikan, tidak punya kuasa, miskin. Kota Galilea kebanyakan tidak pernah ada orang penting/ besar dari kota itu (Yoh 7) dan Petrus adalah seseorang yang pernah menyangkal Tuhan Yesus.

Namun sekarang, dia berani berdiri dengan lantang dan lancar berbicara tentang Kristus. Apa yang menyebabkan Petrus mampu melakukannya? ROH KUDUS! Hukum Ketergantungan: Ketergantungan kita pada Roh Kudus melebihi ketergantungan kita pada metode atau sarana penginjilan apapun. Bukan berarti metode dan sarana penginjilan tidak penting. Sangat penting! Tanpa Roh Kudus, metode/ sarana apapun tidak akan memiliki kuasa.

2.) Roh Kudus Memfokuskan PESAN penginjilan (Yoh 15:26; 16:14)
Kita perlu melihat kembali khotbah pertama Petrus. Apa tema utama khotbah Petrus? Tidak lain dan tidak bukan adalah Kristus (Ay.32). Fokus penginjilan harus selalu tentang Kristus! Roh Kudus selalu menuntun dan menunjukan kita pada Kristus! Kesalahan yang umum terjadi dalam ibadah penginjilan (KKR) adalah fokus pada: Roh Kudus dan manifestasinya, Kemasan, Pengkhotbah itu sendiri. Hukum Kabar Baik: Tujuan penginjilan (dari sisi kita) bukanlah menghasilkan petobat baru melainkan menyatakan atau memberitakan Kristus/ Injil!

3.) Roh Kudus Memastikan HASIL penginjilan (Kis 13:48)
Perhatikan apa yang terjadi pada pendengar khotbah Petrus. Ay.37, “Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu...” Kemudian ay.41, mereka meminta diri dibaptis sebagai tanda pertobatan mereka. Ini adalah karya Roh Kudus. Perhatikan bahwa khotbah Petrus begitu sederhana. Menurut ukuran homiletika modern, mungkin khotbah Petrus cenderung membosankan. Tidak ada ilustrasi, tidak ada kutipan, tidak ada humor, dsb Namun, efektif sekali, menghasilkan 3000 orang percaya baru. Dalam hal ini, kita perlu memahami doktrin pedestrinasi. Bahwa Allah sudah memilih orang-orang tertentu untuk menjadi umat Allah bahkan jauh sebelum dunia dijadikan. Hukum Ketekunan: Kita terus beritakan Injil dan tidak membiarkan apapun hasilnya mendikte semangat kita!

4.) Roh Kudus Mengendalikan MUSUH penginjilan (Kis 8:1b)
Kis 1:8, Tuhan Yesus berkata bahwa kabar keselamatan akan tersebar ke Yerusalem, Yudea, Samaria, dan ke ujung bumi. Dalam Kis 8:1, kita melihat betapa janji Tuhan Yesus ditepati. Dan ini terjadi melalui penganiayaan. Bagaimana dengan “ke ujung bumi”? Seorang penafsir mengatakan bahwa “ujung bumi” adalah kota Roma. Karena kota Roma adalah ibukota kerajaan terbesar di luar Israel. Ketika Injil masuk ke Roma, ini tandanya Injil sudah menguasai seluruh dunia kuno saat itu. Dan di mana kita menemukan bahwa Injil sudah masuk Roma? Pada pasal terakhir, Paulus berada di Roma karena dipenjara! Kesimpulannya: Allah dapat mengarahkan semua peristiwa buruk yang dibuat musuh-musuh Kristen justru untuk mencapai tujuan-Nya sendiri.

Hukum Kedaulatan: Kita tidak kehilangan semangat ketika penginjilan menghadapi tantangan dan tentangan yang hebat, atau bahkan tampak “gagal”! Sebagai penginjil, kita bukan seperti duta besar. Duta besar memang diutus tetapi tidak didampingi oleh yang mengutus. Kita lebih cocok seperti penerjemah Presiden atau Raja. Kita pergi berdua dan tidak pernah jauh-jauh dari Presiden atau Raja kita ketika bernegosiasi dengan negara tetangga.

Oleh: GI. Jimmy Setiawan

GKBJ Taman Kencana

Gereja Kristen Baptist Jakarta Jemaat Taman Kencana
Perumahan Taman Kencana Blok A1 No 16
Cengkareng Jakarta Barat 11730
Telp: 021 555 2868 Fax: 021 555 2869
Email: gkbj.taman@gmail.com | gkbj_taken@yahoo.co.id
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar anda disini.


Top